5 Kesalahan kecil dalam SEO yang berdampak besar

Dari perbincangan singkat saya dengan beberapa orang, mulai dari pemilik website, website developer sampai webmaster hanya 1 dari 10 yang dapat memaparkan dengan jelas tentang berapa pentingnya menerapkan SEO website. Begitu disayangkan jika sebuah website dibuat namun tidak dioptimasi secara maksimal.

seo

Jika dianalogikan pada manusia, SEO website itu adalah soul/ jiwa website. Tampilan website dengan designnya adalah badan fisik, konten-konten yang terdapat dalam website adalah pikiran itu sendiri. Agar berjalan harmonis, ketiga element itu harus berjalan seimbang. Designnya diperhatikan, pemikiran (konten-kontennya) ditingkatkan, begitu juga SEO-nya diaplikasikan dengan baik.

Sudahkan anda menerapkan SEO untuk website anda?
Seberapa jauh sudah anda terapkan?

Jika anda baru dalam SEO, baca panduan SEO dan apa saja strategi SEO.

SEO tidak hanya sekedar webmastertool namun gabungan dari berbagai analisa lainnya. Nah dibawah ini akan saya jabarkan 5 kesalahan SEO yang sering terjadi, yang nampaknya kecil namun membawa dampak besar untuk anda dalam manajemen website.

1. Melupakan analytic

Sejauh ini tool apa yang anda gunakan untuk memantau performa website anda? Bagaimana anda mengetahui bahwa penerapan SEO website anda telah berjalan efektif dan maksimal? Bagaimana anda mengetahui trek performa website anda, sebagai bahan analisa berkelanjutan?

Dalam dunia SEO, webmastertool tentu bukan hal yang asing lagi.
Sudahkah websmatertool anda terintegrasi dengan analytic tool?

JIka anda pengguna layanan Google webmastertool , gunakan metode verifikasi “Google analytic”, kemudian masuk ke halaman analytic “asynchronous tracking code ”, login dengan akun webmastertool yang sama untuk mendapatkan tracking code yang nantinya dipasang di website.

Melalui ini anda dapat memantau aktivitas website, dari laporan audience, behavior, active user, demography sampai pada teknologi (browser/OS) yang digunakan user untuk mengakses website anda.

Dengan tool ini tentu memudahkan anda dalam melakukan analisa berkelanjutan

2. Melupakan konten dengan keyword relevan

Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan traffic, traffic yang tinggi tentu memperbesar kemungkinan untuk terjadinya transaksi. SEO tidak menjamin dalam peningkatan penjualan, namun SEO memastikan mampu meningkatkan traffic. Dalam meningkatkan penjualan demi mencapai profit, kembali pada fokus konten dengan relevansi keyword sehingga mampu menjawab apa yang dicari user.

Pada artikel sebelumnya sudah banyak saya bahas mengenai bagaimana membuat konten yang tinggi pengunjung. Membuat konten jangan melupakan fokus kata kunci

3. Salah dalam memilih keyword

Google buta dan tidak memiliki rasa, hal ini sangat bagus dimanfaatkan untuk memperkenalkan keyword anda kepada Google. Google akan mengambil setiap keyword yang sesuai untuk ditampilkan pada hasil pencarian. Pastikan mengaplikasikan keyword yang tepat.

Ada beberapa cara yang dapat membantu anda dalam menentukan keyword, diantaranya:

a. Posisikan diri anda sebagai user, lakukan analisa, kira-kira kata-kata apa yang biasanya digunakan user dalam sebuah pencarian. Kata kunci yang banyak diminati dalam pencarian seperti : “bagaimana cara” atau “cara cepat” “tips”, “langkah-langkah” dan lainnya.

b. Menggunakan tools bantuan. Manfaatkan beberapa tool online seperti Google trend, Adword, keyword planner dan SEMrush untuk menentukan research terlebih dahulu. Dengan tools ini anda dapat mengetahui seberapa potensial sebuah kata kunci, bahkan tingkat kompetisi dari kata kunci.

4. Keyword spamming

Diawal saya belajar SEO, dimana “keyword” menjadi hal yang paling disoroti, terbesit pikiran untuk menyisipkan keyword pada setiap paragraph, walau jadinya rangkaian kalimat itu sedikit aneh, demi mempercepat rating. Anggapan itu berlaku dan benar dimasa lalu, it works.

Namun algoritma SEO semakin hari semakin berkembang. Mesin pencari (Google) menerapkan sistem Latent Semantic Indexing yaitu program yang di design untuk mengenali sebuah topik tanpa stuffing keyword. Overusing keyword malah bisa dikenali sebagai spam. Jadi spamming penggunaan keyword sudah tidak berpengaruh lagi pada kesuksesan sebuah SEO.

 

5. Melupakan quality link

Membangun tautan/ jalinan dengan link external berdampak terhadap ranking website anda. Lakukan pertukaran link dengan url/website lain, namun pastikan link yang disisipkan relevan dan memiliki reputasi yang bagus.

Nah demikianlah 5 hal-hal kecil yang kadang terlupakan saat menerapkan SEO. Hayoo yang sedang membangun website dan mengembangkan promosinya jangan setengah-setengah dalam mengerjakan SEO.

Salam rongrangreng!

Leave a Reply