Apa perbedaan SEM dengan SEO?

Apa itu SEM?

SEM (search engine marketing) sering diartikan sebagai PPC (Pay per Click). Dalam bahasa lainnya SEM merupakan cara pemasaran yang menghandalkan mesin pencari dengan layanan berbayar (paid ads) untuk mempromosikan situs agar tampil di halaman 1 SERP.

SERP (Search engine result page) adalah halaman yang menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang diketikan.

Aktivitas SEM sering diistilahkan dengan paid search, lebih lumrah disebut AdWords. Anda yang sering memanfaatkan mesin pencari (google) pasti pernah menjumpai hasil pencarian dengan lambang [Ad] pada bagian url. Website yang menggunakan layanan berbayar akan selalu tampil di halaman pertama dan baris teratas.

Apa Itu SEO?

Apa itu SEO search engine optimization?

Dapatkan panduan SEO disini:

Mendapatkan posisi 1 Google dengan optimasi seo

SEO Google-mempercepat index Google

Menerapkan SEO website organik pelan namun pasti

sem dan seo
sem dan seo

 

Apa perbedaan SEM dengan SEO?

Hal yang paling membedakan adalah investasi dan jangka waktu.

Menerapkan SEO pada website setidaknya membutuhkan waktu 1-3 bulan untuk mendapatkan peringkat strategis di search engine. Sedangkan teknik SEM mampu mempromosikan website dengan hasil instan. Situs anda tampil di halaman pertama baris teratas search engine hanya dalam hitungan hari (selama anda sudah membayar tagihannya)

Kegiatan SEO lebih mengacu pada kegiatan optimasi sebuah website agar siap untuk bersaing muncul di SERP. Dalam SEO berbagai aspek dianalisa dengan cermat (performa, backlink, heading sampai pada atribut gambar). Berbeda dengan SEM, selama anda mampu membayar promosi, website anda akan terus muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Lebih baik mana antara SEM dan SEO

Keduanya baik!

Jika anda memiliki budget lebih dalam memasarkan website, alangkah baiknya mendaftar layanan berbayar seperti AdWord. Jika website yang anda promosikan memiliki kualitas rendah, percuma juga. Sebelum memutuskan melakukan SEM, optimasi website anda terlebih dahulu. Utamakan optimasi website dari sisi performa kecepatan dan kualitas konten.

Baca juga :

Perhatikan SEO Onpage website anda untuk dapatkan posisi bagus di mesin pencari

Terapkan SEO offpage dapatkan backlink berkualitas

Saran nih, kalau ingin hasil cepat, untuk jangka waktu singkat coba terapkan SEM. Sedangkan untuk hasil jangka panjang yang berkelanjutan lebih baik kuatkan SEO website anda

SEM sama halnya dengan SEO yang tidak terbatas pada 1 search engine. Namun dapat juga diaplikasikan pada search engine lainnya, seperti Bing Ads, Yahoo Gemini dan sebagainya.

SEM dan SEO sejatinya bukan sesuatu yang berbeda, namun suatu teknik yang saling menguatkan, demi mencapai tujuan pemasaran yaitu memperoleh traffic kunjungan tinggi dan relevan.

Selain SEM dan SEO masih ada teknik promosi lain yang bisa anda coba, seperti social media marketing, email marketing dan sebagainya. Teknik ini juga efektif dalam meningkatkan traffic dan promosi situs anda.

Selamat berpromosi

Salam rongrangreng!

Leave a Reply