Apa rahasia sukses pemasaran di tahun 2018

Pemasaran konten adalah salah satu strategi penggerak bisnis yang sangat kuat, namun sayangnya hanya sedikit yang menerapkan strategi ini dalam memajukan bisnisnya.

Menurut laporan content marketing institut, bahwa 83% marketer menganggap pemasaran konten sangat efektif dalam meningkatkan pendapatan bisnis. Seorang marketer wajib tahu perkembangan strategi pemasaran terkini.  Mengingat perkembangan strategi pemasaran konten yang begitu cepat, sehingga penting untuk mengidentifikasi bagian mana dari strategi anda yang berhasil dan mana yang kurang efektif.

Strategi pemasaran hampir setiap waktu mengalami pembaharuan. Tahun lalu strategi SEO dengan menambahkan tag dan keyword begitu prioritas. Menyertakan fokus kata kunci pada artikel dengan density 2,5% untuk SEO yang bagus. Walau kadang artikel menjadi aneh dan kurang nyambung, tetap dipaksakan demi rekam database di mesin pencari (google).

Namun sekarang strategi pemasaran konten seo ini kurang efektif. Mesin pencari (google) telah menerapkan sistem yang lebih humanis dalam menampilkan hasil pencariannya.

Menerapkan SEO website organik pelan namun pasti

Membuat artikel SEO friendly yang berkualitas

Mendapatkan posisi 1 Google dengan optimasi seo

 

Seperti apa pemasaran konten di tahun 2018?

Cisco memperkirakan bahwa konten visual akan menjadi sumber traffic tertinggi hingga 5 tahun kedepan. Delapan puluh persen traffic pengunjung akan datang dari feed konten
visual. Bagaimana mungkin untuk dibantah, mengingat memang benar netizen lebih tertarik pada konten konten visual. Baik itu videografis maupun infografis.

Berikut ini 4 tips untuk membantu anda mempersiapkan pemasaran di tahun 2018

1. Prioritas pada kemudahan akses di mobile (hp)

Di tahun sebelumnya website dirancang untuk tampilan desktop yang maksimal kemudian diseting agar responsive di mobile. Namun sekarang terbalik. Rancangan dan fitur website anda harus tampil maksimal di mobile baru kemudian dikostumisasi untuk tampilan desktop.

Mengapa harus memprioritaskan mobile?
Tentu karena pengguna mobile mencapai hampir 80% dari semua pengguna internet pada tahun 2018.

Anda bisa mengembangkan aplikasi berbasis mobile untuk mensuport penyebaran konten konten online anda.

2. Menjadi lebih kreatif dengan konten

Di tahun 2018 konten visual sangat diminati, tidak heran jika konten visual mampu menghantarkan keberhasilan untuk peningkatan traffic dan engagement. Beberapa tipe konten kreatif yang bisa anda coba seperti, animasi, infografis dan video konten.

Konten visual animasi kreatif mampu memancing perhatian dan menciptakan kesan mendalam bagi pengunjung. Sisipkan promosi/ kampanye lewat animasi singkat yang berkesan.

Netizen kadang jenuh dengan konten text yang panjang, kombinasikan dengan infografis akan lebih atraktif sebagai konten interaktif.

Website unggul karena konten berkualitas; Apa syarat konten dikatakan berkualitas

Tips membuat konten berkualitas untuk meningkatkan pemasaran

Konten dengan kutipan dan quote singkat juga banyak disukai. Kata kata singkat yang menginspirasi sangat mudah diingat dan mudah dibagikan.
Begitupula dengan perkembangan videografis. Dengan meningkatnya popularitas youtube membuat banyak orang mulai beralih pada konten video. Dinamika konten video memang lebih menarik untuk dinikmati ketimbang hanya membaca text.

3. Mempertahankan email marketing

Pemasaran yang berfokus pada media sosial memang menjanjikan, namun jangan pernah melupakan email marketing. 79% marketer setuju bahwa email marketing adalah saluran distribusi efektif yang membantu pemasaran tepat sasaran. Sehingga anda perlu menyertakan form email subcsription pada website. Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan daftar pengunjung potensial yang tertarik dengan penawaran anda.

Artikel terkait

Marketing Door to Door di Media Sosial

Kekuatan Marketing di Media Sosial

 

Dapat disimpulkan bahwa kesuksesan pemasaran di tahun 2018 terletak pada kreasi dan kreatifitas konten konten yang anda publikasikan. Netizen  cenderung lebih tertarik konten visual dinamis, baik itu animasi, infografis maupun videografis. Disamping itu email marketing juga masih menjadi strategi pemasaran yang tangguh untuk mendapatkan pembeli potensial.

loading...

Leave a Reply