Bagaimana bila akses media sosial (facebook) benar-benar ditutup di Indonesia

Hai sahabat rongrangreng, terima kasih masih setia menanti update dari kami.

Oiya, apa teman-teman sudah membaca isu penutupan facebook di Indonesia? Atau mungkin ada dari kalian yang menerima broadcast pesan untuk diteruskan ke pengguna lain?

Seminggu setelah saya kembali ke Indonesia (12 April lalu) saya disibukan dengan membalas pertanyaan dari teman dan rekan kerja saya di luar negeri, “Apa benar facebook di Indonesia akan ditutup per tanggal 24 April 2018“?

heii…

Sejauh yang saya baca, bahwa facebook tengah melakukan survey kelayakan berkelanjutan. Dimana panelis wajib memberi penilaian seberapa layak media sosial facebook untuk tetap eksis dalam kehidupan sosial masyarakat.

Untuk penutupan facebook sampai detik ini belum ada pengumuman resmi dari department kominfo Indonesia. Ini entah isu datang dari mana, namun sebaran beritanya meresahkan beberapa kalangan masyarakat pecinta sosial media.

Hal lain yang membuat saya bingung dan ingin tertawa, saya menerima broadcast pesan messenger dari banyak teman Indonesia yang berisikan ajakan untuk meneruskan sebuah pesan ke 20 teman lainnya dan jika tidak melakukan maka akun facebook akan dinonaktifkan, ini lelucon macam apa lagi ??!

Berita sekelas gosip memang kadang menjengkelkan, bahkan orang yang tidak kuat iman bisa jadi emosian. Belum tahu kebenarannya seperti apa, sudah dipublikasikan bahkan diimbuhi dengan headline panas yang terkesan gawat. Tidak bisa disalahkan juga, karena berita seperti itu menjual, peminatnya masih tinggi di negara kita.

Isu memang menarik untuk diikuti, tapi bijaklah dalam menilai sebelum menyebarkan kembali. Jadilah pengguna internet yang cerdas, telaah informasinya, analisa, cari tahu kebenarannya baru kemudian menyebarkan dan berkomentar.

Jika media sosial (facebook) benar-benar ditutup di Indonesia, apa yang akan terjadi?

Mengutip dari laporan global digital 2018 (global digital report 2018) bahwa jumlah pengguna media sosial dunia pada tahun 2018 mencapai 3.196 miliar. Terjadi kenaikan 13% dari tahun sebelumnya. Data ini menunjukan bahwa media sosial masih menjadi media potensial yang menghubungkan orang-orang dari berbagai belahan dunia.

Perhatikan gambar berikut

pertumbuhan pengguna media sosial januari 2018
Grafik pertumbuhan pengguna media sosial

Perkembangan media sosial di Indonesia

Indonesia menduduki peringkat ke 3 setelah Saudi arabia dan India dalam pertumbuhan pengguna media sosial. Jumlah itu meningkat mencapai 23% (24 juta user) dalam satu tahun terakhir.

Peringkat Indonesia untuk durasi rata-rata berinternet juga cukup tinggi (8 JAM 51 MENIT/HARI). Indonesia bahkan mampu mengalahkan negara-negara maju seperti Singapura (7 jam 9 menit), Amerika Serikat (6 jam 30 menit), Tiongkok (6 jam 30 menit) dan Jerman (4 jam 52 menit). 

Di Indonesia penggunaan internet didominasi oleh aktivitas media sosial. Pengguna media sosial mencapai 49% persen dari total pengguna internet, atau hampir separuh pengguna internet di Indonesia tergabung dalam sosial media. Sungguh luar biasa perkembangan media sosial di negeri ini!

durasi dalam bersosial media
Waktu yang dihabiskan untuk bersosial media

Kalaupun penutupan facebook harus dilakukan, paling juga kegiatan komunikasi dan interaksi beralih ke media sosial lain (seperti IG). Pengguna media sosial di Indonesia tidak terpaku pada satu media (facebook) saja. Selalu ada jalur alternatif dalam melanjutkan komunikasi dan relasi.

Sejauh penggunaan media sosial (facebook) berada pada ranah normal, rasanya tidak mungkin untuk ditutup. Kecuali jika ditemukan ada indikasi kegiatan penghasyutan, teror dan adu domba yang meresahkan ketentraman dan perdamaian dunia.

Tidak hanya di Indonesia, di negara manapun jika terdeteksi adanya penyimpangan penggunaan dan pemanfaatan media sosial pastinya akan ditutup.

Ingatlah kembali pada tujuan dari pembangunan media sosial, yaitu menghadirkan kemudahan komunikasi dan interaksi. Kita dengan mudah dapat terhubung dengan yang jauh, bahkan terhubung dengan dunia sosial global. Membantu dalam pekerjaan, bisnis sampai urusan pribadi. Semua terhubung dengan mudah karena adanya teknologi dan media.

Demikian yang dapat kami bagikan terkait media sosial dan isu facebook di Indonesia.  Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Berkembanglah bersama internet dan teknologi namun tetap bijak dan pintar dalam pemanfaatannya

Selamat bersosial media

Salam rongrangreng!

 

loading...

Leave a Reply