Dear blogger, berikut 5 hal penting yang butuh perhatian khusus

Mengutip dari buku karya Mark Schaefer yang berjudul The Content Code bahwa “There is no economic value to your content if it is not seen and share” dalam bahasa Indonesia dapat diartikan kurang lebih bahwa “Sebuah konten tidak akan memiliki nilai ekonomi jika tidak dibagikan dan dilihat orang”. Itulah salah satu point terpenting yang ingin saya ingatkan kepada para content publisher maupun blogger.

Seorang blogger membutuhkan kalimat-kalimat stimulasi untuk membangunkan semangat dan konsistensi dalam berkarya. Ada banyak blogger memilih menyerah ditengah jalan saat sudah selangkah lebih dekat dengan kesuksesannya. Hasil pengamatan saya ada banyak blogger yang mengabaikan dasar management blog yang baik.

Pada kesempatan ini, ijinkan saya membagikan tips penting untuk para blogger. Tips sederhana yang mudah mudahan bisa membawa perubahan besar pada blog dan publikasi yang anda kelola.

Pernah tidak anda menemukan sebuah blog yang bagus dan menarik untuk diikuti, namun saat anda mencoba mencari tombol berlangganan tidak bisa anda temukan, sehingga anda tinggalkan begitu saja. Karena melupakan satu tombol layanan seorang blogger melewatkan kesempatan baik untuk bisa menjalin hubungan dengan pengunjungnya. Si Blog tidak memiliki layanan berlangganan dan membiarkan pengunjungnya berlalu begitu saja.

Sangat disayangkan toh?!!

Keluh kesah para blogger

Banyak blogger yang kehilangan percaya diri dan memutuskan berhenti ditengah jalan sebelum potensinya ditampilkan maksimal. Merasa sudah cukup lama blogging namun tidak ada hasil yang menyenangkan. Jangankan yang berlangganan artikel, pengunjung pun masih satu dua. Apa yang salah? Kekecewaan yang menghampiri dapat membunuh usaha untuk tetap konsisten berkarya. Padahal penyebabnya bisa jadi hal sederhana yang mudah untuk diperbaiki.

blogger
Beginikah ekspresi anda saat melihat traffic pengunjung?

5 Hal sederhana yang paling mendasar yang kadang dilupakan blogger, yaitu:

1. Lupa memasang tombol berlangganan

Seorang blogger baiknya memiliki  kemampuan mengapresiasi ketertarikan pengunjung terhadap blog dengan menyediakan layanan berlangganan. Dengan ini anda bisa keep in touch dengan pengunjung setia. Begitupula pengunjung yang menyukai niche blog anda akan senang mendapat notifikasi pembaruan dari blog anda. 

Mencoba memasang tombol subscribe pada blog anda dan arahkan pengunjung untuk berlangganan. Ini adalah satu langkah memperbaiki kelangsungan hidup sebuah blog.

2. Melupakan tombol sharing

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa menerapkan sharing button pada website/ blog mampu meningkatkan pasar mencapai 400%. Sebegitu besar pengaruh tombol share jika anda terapkan di blog anda, tapi mengapa belum anda pasang juga?

Pengguna media sosial sangat tinggi di Indonesia. Banyak orang mulai haus informasi. Mereka akan mencoba mencari. Disaat orang menemukan blog anda dan merasa klik sampai menyentuh emosi, besar kemungkinan akan dibagikan ke media sosial. Reaksi emosi apapun, bisa jadi suka, marah, protes, sedih dan sebagainya.

Dari satu share, kemudian menyebar. Semakin banyak orang melihat, semakin banyak orang membaca, semakin banyak orang membagikan, semakin banyak orang memberi komentar. Goal untuk mendapatkan traffic pengunjung bisa anda peroleh dengan mengintegrasikan blog/web anda dengan tombol sharing.

Apakah blog anda sudah menyediakan fasilitas sharing dengan mudah?

3. Kurang mengoptimalkan fungsi tombol share

Seiring waktu berkembang begitu banyak media sosial. Ada twiter, facebook, linkedin, pinterest, IG dan banyak lagi. Lahir berkembangnya berbagai media sosial ini dapat anda manfaatkan untuk meningkatkan promosi dan popularitas. Optimalkan sharing dengan media yang ada dan populer.

Saat anda mencoba membagikan sesuatu, ingat selalu tampilkan 3 elemen penguat sharing. 1) Sertakan judul atau summary dari keseluruhan konten. 2) Sisipkan link (url) dimana informasi detailnya bisa didapatkan. 3) lakukan managemen keberlangsungan.

Sejauh ini semua step cukup mudah untuk diikuti dan diterapkan. Jangan buru-buru melanjutkan blogging jika blog belom diperbaiki, OK.

4. Melupakan identitas

Dalam menciptakan kredibilitas di dunia global anda harus memiliki identitas. Banyak pengunjung yang ingin tahu siapa dalang dibalik layar dari suatu blog/ website. Siapa anda? Apa misi blog anda? goal yang ingin dicapai? Informasi ini cukup menarik pengunjung saat mereka ingin mengenal anda dan blog anda lebih jauh.

Saat ini banyak bermunculan orang dengan kemampuan mempengaruhi yang besar. Ciptakan hubungan emosi dengan pelanggan anda sehingga bisa terjalin koneksi yang saling menguntungkan.

Identitas diperlukan dalam membangun kredibilitas.

5. Melupakan arahan dan strategi pertahanan

Saat blog anda mendapat pengunjung, jangan biarkan mereka pergi begitu saja. Aturlah strategi agar pengunjung bertahan, bahkan kalo bisa menjadi subscriber.

Tampilkan rekomendasi artikel menarik lain untuk dibaca. Ini strategi yang ampuh untuk menjalin kedekatan dengan pengunjung. Waktu bertahan seorang pengunjung pada suatu website juga mempengaruhi bounce rate sebuah website. Bounce rate yang tinggi berdampak buruk pada citra website.

Untuk strategi pertahanan mengacu pada bagaimana menyajikan konten yang berkualitas pada blog. Konten berkualitas adalah konten yang mampu menjawab apa yang dicari pengunjung, konten yang memberi solusi dan informasi terbaik. Selain itu anda bisa terapkan achor text pada setiap artikel anda untuk membangun keterkaitan antar artikel.

Baca juga Panduan strategi pemasaran konten tepat sasaran

Jangan buang banyak usaha untuk berpikir telalu berat. Terkadang hal-hal sederhana yang kecil ternyata mampu membangkitkan blog dari tidur panjangnya. Ingat sebagus apapun konten pubikasi tidak akan bisa diketahui orang jika tidak disebarkan. Saat blog mendapat kunjungan, sugguhkan rekomendasi konten menarik lainnya untuk mempertahankan daya tarik pengunjung. Arahkan untuk melakukan subscribe jika pengunjug tertarik dengan konten publikasi sejenis yang ada di blog anda. Sederhana bukan?! 

Happy blogging.

Jika pembaca tertarik dengan topik-topik terkait blogging, konten dan digital marketing, silahkan follow fans page kami @rongrangreng.net

Salam rongrangreng!

 

 

 

Leave a Reply

jasa website bergaransi rongrangreng.net

jasa web design bali, jasa SEO, internet marketing dan jasa menulis konten