Inspirasi promosi dengan konten viral untuk tingkatkan traffic

Postingan yang telah viral tentu memiliki traffic pengunjung yang tinggi. Menjadi viral bukan karena kebetulan. Namun karena nilai lebih yang ditampilkan sehingga banyak orang bereaksi terhadap postingan. Semakin banyak reaksi yang didapat semakin trend lah topik tersebut. Sambung menyambung, menyebar jadilah viral. Apapun bentuk konten yang anda posting, jika mendapat reaksi tinggi dari pembaca maka akan berpotensi viral.

konten viral

Tidak semua postingan bisa menjadi viral, tapi bisa diupayakan. Buat yang sedang mengincar traffic tinggi bisa dicoba teknik promosi dengan konten viral ini. Namun sebelumnya anda harus ketahui, mengapa sebuah konten menjadi viral?

1. Konten viral karena kontroversial

Kontroversi adalah keadaan munculnya konflik, pertentangan dan perdebatan. Sesuatu yang kontroversial memicu berbagai pendapat masyarakat dari berbagai sudut pandang. Satu contoh berita kontroversi yaitu proses hukum Ahok terkait dugaan penistaan agama. Ada pembela adapula yang menununtut Ahok dihukum. Mengapa kasus ini kontroversial, karena yang terlibat adalah tokoh besar. Ahok menjabat Gubernur DKI, kala itu.

Bagaimana dalam bisnis, mengapa suatu bisnis bisa kontroversial? jawabnya karena memancing berbagai pendapat. Salah satu contoh bisnis kontroversial yaitu penjualan kulit buaya yang bernilai puluhan juta di Papua. Orang yang melihat ini sebagai peluang akan mengatakan sah sah saja. Disisi lain akan muncul pertentangan dari masyarakat yang peduli ekosistem, mengingat mereka mengambil buaya di alam, bukan dari hasil ternak.

Punya ide yang bisa memancing kontroversi?

2. Konten viral karena inspiratif

Sesuatu yang menginspirasi memang sangat mudah mejadi viral. Orang akan dengan mudah melakukan share atau  like pada konten ispiratif. Kaos joger adalah salah satu bisnis inspiratif yang telah populer. Joger hadir sebagai bisnis inovatif penuh inspirasi. Joger Bali jualan kaos, tapi bukan kaos biasa. Ide bisnis kaosnya memberi inspirasi banyak orang sehingga orang dengan mudah mengenali dan merekam dalam ingatannya.

Mengapa Afi dengan tulisan tulisan di facebooknya menjadi viral? Beberapa tulisan viral Afi bisa anda baca disini. Mengapa menjadi viral karena menginspirasi. Beberapa postingan Afi pun menuai banyak reaksi emosi dan pandangan. Afi semakin banyak diperbincangkan hingga dia menjadi sosok populer yang banyak dicari dalam keyword pencarian.

Begitupun dalam promosi. Semakin menginspirasi konten promosi yang dipublikasikan, kemungkinan viral akan semakin besar.

3. Konten viral karena mengundang emosi

Konten yang mampu mengundang reaksi emosi pembaca akan lebih mudah menjadi viral. Luapan emosi bisa senang, kagum, menakjubkan, sedih, kecewa, marah dan sebagainya. Mengapa red Jelly ms glow menjadi produk yang begitu populer dan banyak diperbincangkan? Karena iklan dan tertimoninya mampu memunculkan emosi pembaca. Promosi dan iklan dari produk kecantikan ini memang bisa dikatakan tangguh. Mengapa demikian, karena iklan berkata produk kecantikan ini bisa membuat kulit glowing bercahaya macam orang Korea. Wanita mana coba yang tidak ingin cantik bak artis Korea.

Satu kemenangan telah diraih oleh iklannya dengan menyentuh emosi pembaca. Dari emosi yang muncul membuat pembaca melakukan aksi. Inilah pentingnya menggunakan kata-kata yang tepat untuk bisa memancing emosi pembaca. Mau belajar copywriting untuk mencuri hati pembaca, baca disini. Atau yang melatih diri menjadi seorang copywriter, ketahui langkah tepat menjadi copywriter handal

4. Bisa viral karena praktis dan aplikatif

Konten viral yang sering dibagikan adalah panduan praktis. Konten yang dapat memandu melakukan sesuatu.

Sebuah toko online yang menjual perkakas inovatif menjadi terkenal dan banyak diperbincangkan. Melalui video singkatnya memperagakan bagaimana mengupas nanas dengan mudah. Video lainny bagaimana mengambil ektrak buah dengan cepat.

Teknik promosi dengan demo alat yang dijual sangat ampuh. Goal promosinya diawal adalah untuk dikenal. Saat masyarakat tahu bahwa ada perangkat mudah yang dapat membantu kerja, secara otomatis masyarakat tertarik untuk memiliki.

Bagaimana apakah anda sudah paham alasan mengapa konten menjadi viral dan cepat populer?

Dalam membuat konten viral tidak ada aturan pastinya. Jika sebuah postingan mengandung 1 dari 4 alasan menjadi viral maka postingan tersebut berpotensi menjadi viral. Kembali lagi pada kualitas penyajian. Beberapa postingan membahas topik yang sama namun tidak semua bisa menjadi viral. Mengapa bisa demikian? Kembali pada cara penyajian.

Inilah insiprasi promosi yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan traffic pengunjung dengan konten viral

1. Numpang promosi memanfaatkan topik konten viral

Numpang promosi memanfaatkan topik viral, maksudnya bagaimana sih? langsung saja ke contoh. Ketahui yang sedang trend dan viral di Indonesia saat ini, Kita ambil contoh film Korea. Banyak remaja dan orang dewasa yang terbius oleh gaya-gaya artis Korea. Banyak remaja terobsesi menjadi cantik alla Korea.

JIka anda pelaku bisnis yang kebetulan menjualkan produk-produk kecantikan, bisa numpang tenar dengan trend. Atau jika anda punya usaha jual beli fashion, cobalah hadirkan fashion style artis Korea.

Seorang teman bertanya, saya hanya penjual buku dan ebook online, bagaimana teknik promosi yang tepat untuk saya? jangan bingung, tenangkan diri. Disaat anda tenang maka ide dan inspirasi akan datang. Oke untuk penjual buku dan ebook rajinlah mengintip trend yang sedang diperbincangkan. Semisal topik hangat keindahan alam Raja Ampat. Dari sekian kategori buku yang anda jual tentu ada buku traveling kan?!! Manfaatkan kondisi viralnya Wisata Raja Ampat untuk menjual buku traveling atau buku yang berkaitan dengan Papua dan Raja Ampat.

Raja ampat yang menawan, bawa aku kesana melihat hijau hutanmu. Menyelam mengagumi indah dan kaya lautmu. Berlibur ke Raja Ampat, mari cari tahu tentang Raja Ampat lebih jauh (sisipkan tentang buku berkaitan dengan Raja Ampat)

 Bagaimana promosi dengan menumpang pada topik viral menyenangkan bukan. Selain itu penyajian dan media promosi juga harus tepat. Lanjutkan membaca terkait format konten yang dipilih

2. Perhatikan format konten untuk promosi

Ada berbagai bentuk konten yang dapat membantu promosi. Konten berbentuk artikel, video, ilustrasi, animasi, infograph maupun gambar. Jika sejauh ini konten yang banyak beredar dalam bentuk artikel dan gambar coba anda sajikan dalam bentuk berbeda dalam bentuk video atau animasi. Audien akan mendapatkan sensai berbeda saat melihat konten dalam format yang berbeda walaupun inti kontennya sama.

Cobalah merubah format konten promosi anda agar tidak terkesan membosankan. Sampaikan dengan tepat dan efektif.

3. Perhatikan cara penyajian dan distribusinya

Sajikan sesuatu yang bermanfaat dan memberi informasi, itu point pentingnya. Jika promosi dibuat dalam bentuk artikel, tulislah artikel dengan bahasa santai yang mudah dipahami. Ajak pembaca menjadi bagian dari tulisan artikel anda. Jadikanlah tulisan yang interaktif seakan anda dan pembaca sedang berinteraksi. Jika konten anda berupa video, buatlah dengan durasi singkat dengan menampilkan point point yang ingin disampaikan.

Saat konten promosi anda telah dipublikasikan bersiaplah untuk mendistribusikan. Publikasi juga di beberapa media sosial sperti facebook, twitter, G+. Unggah ke youtube kemudian embed link youtube ke website anda. Strategi promosi ini saya yakin akan membantu meningkatkan traffic pengunjung anda.

Bagaimana menarik kan belajar promosi dari konten viral. Semoga tulisan ini menginspirasi dan dapat membantu dalam meningkatkan traffic pengunjung usaha anda.

Semangat promosi dengan konten viral

 

Salam rongrangreng!

 

Leave a Reply

jasa website bergaransi rongrangreng.net

jasa web design bali, jasa SEO, internet marketing dan jasa menulis konten