Tips menentukan nama domain berkualitas

Menentukan nama domain tidaklah bisa sembarangan. Memilih nama domain juga harus mempertimbangkan hal-hal tertentu agar mudah ditemukan dan mudah diingat. Apa itu nama domain? dan nama domain yang seperti apa dapat dikatakan berkualitas?

Sebelum masuk ke pembahasan dalam menentukan nama domain berkualitas. Informasi bagi anda yang ingin membangun website. Ketahuilah hal apa saja yang anda butuhkan untuk membuat website. Nama domain adalah satu dari sekian hal yang harus anda miliki untuk bisa membangun sebuah website. Sebelum anda memutuskan membeli suatu nama domain lebih baik anda ketahui dahulu standar kualitas sebuah nama domain.

Menentukan nama domain berkualitas

Dalam menentukan nama domain dapat dipertimbangkan dari 2 kategori, yaitu nama domain sebagai branding dan nama domain yang bertujuan untuk mengejar SEO. Pasalnya sebuah nama domain juga mempengaruhi SEO website. Sebuah nama domain yang mengandung keyword menjual akan mampu mendatangkan traffic pengunjung yang lebih tinggi.

1. Nama domain sebagai branding

Jika anda sedang membangun sebuah branding, maka buatlah branding yang unik. Menentukan nama domain untuk sebuah branding janganlah terlalu panjang, ini bertujuan agar memudahkan orang untuk mengingatnya. Menentukan sebuah nama domain yang mudah diucapkan dan memberi ciri khas.
Tidak disarankan menggunakan kata sambung atau penghubung dalam sebuah domain. Beberapa kata sambung seperti “dan, atau, yang, dengan, jika, maka, karena, tetapi, oleh” dan lainnya, sangat tidak direkomendasikan. Nama domain anda jika memungkinkan harus mengisyaratkan bidang usaha yang dijalankan. 

2. Nama domain SEO yang menjual

Menentukan nama domain dengan memperhatikan SEO juga penting. Tujuan dari website tentu untuk kegiatan promosi dan menjual. Jika sebuah nama domain mengandung kata kunci/ keyword yang banyak orang cari secara tidak langsung nama domain anda akan semakin cepat diperhitungkan oleh mesin pencari. Fokus keyword disesuaikan dengan nama domain. Seperti contoh www.jualgamismurah.com atau www.jasawebdesign.com. Kata kata yang masuk dalam nama domain adalah kata-kata direct menjual yang sering orang masukan dalam Google pencarian.

Dalam menentukan nama domain anda bisa pertimbangkan dua teknis diatas. Memilih membangun branding atau memilih domain dengan tujuan SEO. Ataupun anda bisa coba padukan antara branding dengan SEO. Sebuah nama domain janganlah mengandung kata SARA atau po*no.

Bagaimana sudah terbayang nama domain apa yang cocok untuk website anda. Saya coba berikan contoh mix branding dan SEO domain, semoga mampu menginspirasi. Sebuah bisnis kedai kopi yang dikelola oleh Jempe dibuatkan website dengan nama domain www.jempekopimantap.com. Nama “Jempe” dijadikan sebagai branding dari kedai kopinya, dan kata “kopi mantap” adalah kata pendukung untuk SEO. Pada realitanya Jempe bukanlah nama sesungguhnya, namun sebuah branding yang dicoba untuk diperkenalkan.

Sekian yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan menginspirasi khususnya untuk anda yang masih bingung menentukan nama domain. Saat nama domain sudah ditentukan cobalah cek ketersediaan nama domain di perusahaan server hosting seperti rumahweb. Jika sebuah nama sudah dimiliki orang, maka anda harus mencari alternatif nama lainnya.

Leave a Reply

jasa website bergaransi rongrangreng.net

jasa web design bali, jasa SEO, internet marketing dan jasa menulis konten