Menjadi seorang copywriter handal

Copywriter yang handal banyak dicari oleh agency konten kreatif. Peluang sebagai copywriter di Indonesia masih terbuka lebar. Tidak semua penulis adalah seorang copywriter. Melakukan copywriting tidak sama dengan menulis biasa. Copywriting lebih mengedepankan unsur emosi dalam mengelola kata. Menjadi copywriter adalah pekerjaan yang menantang dan seru untuk digeluti.

copywriter

Apa sih bedanya copywriting dengan writing?

Copywriting adalah proses membuat copy. Copy yang dimaksud adalah teks, kata-kata, prase dan kalimat. Copywriting adalah teknik mengolah kata menjadi kalimat yang bisa menyentuh emosi pembaca,. Teknik mengolah kata yang mampu membujuk, mempengaruhi dan memberi kesan bagi pembaca. Contohnya kata-kata iklan berikut “Pakai D**a lupakan yang lain” ada juga “D**a bersih all out warna stand out”. 

Sedangkan writing adalah kegiatan menulis biasa. Seperti membuat artikel, karya ilmiah, karangan, menulis diary dan sebagainya. Menulis biasa adalah kegiatan menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk karya tulisan. Unsur membujuk dan mempengaruhi secara khusus kalaupun ada sangatlah kecil. 

Teknik copywriting berkaitan erat dengan strategi konten marketing/ periklanan. Dalam konten marketing tidak terbatas pada text, namun bisa berupa video, audio, gambar, ilustrasi dan sebagainya. Apapun bentuk konten marketingnya, penerapan copywriting itu penting. Menjadi copywriter berarti melatih diri untuk smart dalam mengolah kata menjadi kalimat untuk bisa mainin perasaan pembaca.

Tahukah anda penerapan teknik copywriting dengan kata-kata mampu mengantarkan profit bisnis puluhan juta. Ingin tahu caranya baca disini

Mengapa copywriting menjadi begitu penting?

  • Karena dengan teknik ini anda mampu membujuk, mempengaruhi pembaca dengan rangkaian kata-kata mengesankan
  • Penerapan copywriting pada iklan mampu memunculkan kesan dan pengalaman tersendiri bagi pembaca
  • Penerapan copywriting mampu menyentuh emosi pembaca yang mempengaruhi keputusan dan tindakannya.
  • Promosi dengan teknik copywriting diterapkan tidak hanya dengan tujuan orang membeli atau bertransaksi namun juga mempengaruhi dan mensugesti agar pembaca mau melakukan sesuatu.

 

Bagaimana menjadi copywriter yang handal?

1. Anda harus memiliki pola pikir seorang copywriter

Pemikiran yang paling penting adalah harus bisa peduli dengan apa yang dibutuhkan orang lain. Dapat melihat dan merasakan apa yang orang lain butuhkan. Untuk bisa menjadi copywriter yang handal maka harus pintar menentuka buyer persona (siapa dan bagaimana perilaku calon sasaran). Sering seringlah menganalisa dan berlatih.

Satu contoh bagaimana seorang copywriter berpikir dan menganalisa

Sebuah perusahaan yang menjual vitamin A perawatan rambut.
Siapa yang biasanya membeli produk ini ? Semua orang yang ingin memiliki rambut sehat dan indah.
Jika anda mengatakan “semua orang yang ingin memiliki rambut sehat dan indah” akan membeli produk ini tidak salah namun cakupannya terlalu luas. Kita coba spesifikasikan
Jenis kelamin : wanita
Usia : remaja 13-20 tahun
Profesi : pelajar/ mahasiswa
Permasalahan : Rambut tidak terawat karena kesibukan aktifitas sekolah, belum lagi tugas numpuk dan kegiatan outdoor yang padat. Tidak ada cukup waktu untuk perawatan khusus rambut.
Yang bisa kita bantu : Vitamin khusus menjaga vitalitas dan kesehatan rambut tanpa perlu ke salon.
Kalimat copywriting : “Tiga tetes vitamin A setiap pagi untuk rambut sehat penuh vitaltas” atau “Pancarkan vitalitas rambut sehatmu dengan tiga tetes vitamin A. Tetap sehat bervitalitas tanpa perawatan salon”

Gimana sudah terbayang bagaimana copywriter dalam menganalisa dan menuangkan idenya? Satu lagi copywriter adalah orang yang tanpa beban, easy going dan sangat menarik. Bisa dikatakan profesi ini adalah bagian dari seni kreatif.

2. Anda harus lues, tidak kaku seperti robot

Copywriter yang handal itu lues, tidak kaku seperti robot. Pahamilah!, lues dalam artian ciptakan tulisan yang tidak kaku. Abaikan tentang EYD, karena kita tidak sedang menulis skripsi atau dokumen formal lainnya. Milikilah pikiran terbuka yang siap menerima segala perubahan.
1. “Gunakan secara teratur cream ABC untuk menjadikan kulit anda putih merona”.
2. “Miliki kulit putih merona dengan cream ABC 2 x 1, cobalah! dan lihat perubahannya”.
Dari contoh diatas, kalimat mana yang lebih persuasif?

3. Anda harus peka dan jeli dengan sekitar

Kegiatan copywriter sangat berkaitan dengan psikologi manusia. Untuk bisa menjadi copywriter handal maka anda harus peka dan jeli. Peka dengan perubahan lingkungan dan jeli dengan kesempatan

4. Anda memiliki kapasitas dan terbuka dengan wawasan baru

Ini hal yang mutlak dan harus. Dalam profesi apapun pengembangan wawasan diperlukan. Khususnya ketrampilan bahasa dan pemasaran harus anda pegang jika ingin menjadi copywriter handal. Pertajam kemampuan meneliti dan menganalisa iklan dan bahasa-bahasa promosi. Jangan hanya sebagai penikmat iklan tapi coba pahami makna dan strateginya.

5. Menjadi kreatif dan tidak membosankan

Copywriting adalah pekerjaan seni. Orang dengan sensasi humor dan imajinasi tinggi adalah copywriter handal. Keatifitas ditampilkan dengan sedikit kegilaan jauh lebih mampu mencuri perhatian yang melihat. Banyak orang bosan dengan penyajian sesuatu yang membosankan. Tuangkan ide inovatif lewat karya konten marketing dan terapkan copywriting.

 

Sebagai copywriter anda harus hindari hal berikut:

  1. Terlalu fokus pada diri sendiri.
    Terlalu banyak menjabarkan deskripsi diri sendiri dan lupa dengan apa yang dibutuhkan pembaca. Pembaca sejatinya tidak ambil pusing dengan sejarah atau latar belakang suatu perusahaan. Ingat yang mereka coba temukan adalah solusi dari masalah atau informasi yang bisa menjawab pertanyaan pembaca. Saat pembaca menemukan apa yang dicari baru kemungkinan mereka melihat siapa penyediaanya.
  2. Berbicara kepada orang yang salah
    Ini mengapa anda perlu menentukan buyer persona. Ketahui karakteristik calon pembeli anda. Buat iklan menjadi efektif dan tepat sasaran.
  3. Membosankan dan sulit dimengerti
    Tidak ada yang betah lama lama dengan sesuatu yang membosankan. Mengingat copywriting adalah kegiatan seni, ciptakanlah konten rangkaian kata yang mengesankan dan tidak membuat orang bosan.

Sudah siapkah anda menjadi seorang copywriter handal? Keinginan menjadi copywriter akan terwujud jika anda berlatih untuk menjadi peka dan paham kebutuhan orang lain. Tidak hanya kemampuan analisa dan ide baik, namun diperlukan juga ketrampilan anda dalam merangkai kata menjadi kalimat persuasif. Kalimat hipnosis yang mampu mempengaruhi, membujuk dan memberi kesan kepada pembaca. Jika ide anda telah tertuang dalam kata kata yang mampu membius banyak pembaca indikasi anda adalah copywriter yang handal

Selamat berlatih para copywriter handal

 

Salam rongrangreng!

Leave a Reply

jasa website bergaransi rongrangreng.net

jasa web design bali, jasa SEO, internet marketing dan jasa menulis konten