Meningkatkan penjualan online dengan 4 langkah mudah

Meningkatkan penjualan yang berujung pada peningkatan profit memang tujuan dari setiap kegiatan bisnis. Setiap usaha yang tidak mendatangkan profit belum bisa dikatakan bisnis. Baik bisnis yang dijalankan offline maupun online. Trend bisnis model yang banyak dilakukan orang masa kini yaitu bisnis online. Memulai bisnis online mudah, namun untuk bisa bersaing dan bertahan di dunia internet cukup susah. Akan susah jika perencanaan anda salah. Akan susah jika strategi marketing anda keliru. Tidak sedikit teman teman yang mulai mengeluhkan bisnis mereka stagnan jalan ditempat bahkan mengalami kemunduran akibat tingginya persaingan.

Apakah anda adalah pelaku bisnis online? Sudah lama bergerak dalam bisnis online namun belum memiliki pelanggan. Sebelumnya saya ingatkan kembali tentang hal penting yang harus anda ketahui sebelum memulai bisnis online. Jika anda sudah menjalankan bisnis online coba terapkan strategi marketing online. Jika dirasa hasilnya masih kurang memuaskan, berati masih ada yang harus dianalisa. Mari kita bedah satu per satu persoalan yang banyak dialami oleh para pelaku bisnis online. Empat trik yang akan kami bagikan semoga menginspirasi dan membantu dalam mengingkatkan penjualan online bisnis anda. Apa saja tipsnya? silahkan simak berikut;

1. Meningkatkan penjualan online dengan memperhatikan produk yang dijual

Produk apa yang anda jual? Semisal anda menjual produk fashion, seperti baju, sepatu, tas. Ketahui betul produk anda berada di kualitas kelas mana. Tampilkan produk dengan deskripsi yang sejujurnya. Perhatikan! Jika barang yang anda jual tidak memiliki nilai lebih dibandingkan dengan barang ditempat lain maka orang akan berpikir 2 kali untuk membeli online. Perhatikan tentang nilai lebih barang yang anda jual. Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual barang edisi terbatas daripada barang barangyang sudah lumrah dipasaran. 

Yang penting diingat dari point 1 adalah penawaran produk anda harus mampu menampilkan nilai lebih dari penawaran di tempat lain. Baik dari sisi kualitas, harga maupun pelayanan. Satu hal dari produk yang sering dilupakan yakni packaging. Tampilan kemasan juga mampu mempengaruhi keputusan seseorang untuk membeli.

2. Meningkatkan penjualan online dengan menentukan price (harga)

Menjual barang namun dengan mematok nilai paling rendah, bahkan tidak profit apa gunanya berbisnis. Berbisnislah dengan penawaran harga yang masuk akal. Kecendrungan masyarakat di Indonesia sangat suka dengan diskon dan potongan harga. Adakan promo dan berikan diskon pada item item tertentu. Strategi ini ampuh untuk mendatangkan pelanggan loyal.

Trik dalam memberikan potongan. Jika anda hendak memberikan potongan sebesar 50%, maka anda bisa up price terlebih dahulu sebesar 60% atau 55% sesuai profit yang ditargetkan. Sejatinya tidak ada orang yang paham betul tentang berapa harga yang pantas dan cocok untuk suatu barang, apalagi barang jenis edisi terbatas. Orang akan mau membayar berapapun itu jika barangnya disukai atau dibutuhkan. Ditambah label diskon maka semakin semangatlah orang ingin segera bertransaksi. Padahal diskon bisa jadi tidak benar-benar ada.

3. Meningkatkan penjualan online dengan menentukan tempat yang tepat

Harga air mineral di warung akan berbeda dengan air mineral yang dijual di mall. Harga air mineral bisa menjadi lebih tinggi lagi jika anda membelinya di restoran mewah. Inilah mengapa tempat dimana anda menjual sangat menentukan harga. Produk dengan yang sama dengan kualitas sama namun bisa dipatok dengan harga berbeda karena faktor dimana anda menjualnya.

Jika anda memiliki lapak online, penjualan tentu dilakukan di internet baik dengan media website atau sosial media . Karena pasar anda adalah komunitas global yang luas, maka bangunlah brand usaha online yang kuat terlebih dahulu. Memang semua memerlukan proses untuk bisa membangun reputasi. Namun disaat brand sudah dikenal, konsumenlah yang akan mencari anda. Salah satu yang bisa mulai anda terapkan dari sekarang adalah menulis testimony. Testimony membantu dalam membangun citra bisnis online. Tempatkan konsumen pada pelayanan terbaik. Stay in touch dengan konsumen anda, jika seseorang sudah masuk dalam jaringan bisnis anda jangan sampai lepas lagi. Pelajari teknik bagaimana meningkatkan kerpercayaan konsumen terhadap bisnis anda

4. Meningkatkan penjualan online dengan promosi

Promosi memegang pengaruh yang besar dalam meningkatkan penjualan. Digital marketing membantu tingkatkan profit usaha online anda. Dalam melakukan promosi tampilkan foto, video maupun deskripsi dengan jujur. Kualitas gambar banner ataupun produk harus berkualitas dan profesional. Melakukan promosi dengan memasang iklan dapat juga anda lakukan. Baik iklan berupa video maupun kombinasi gambar dan teks. Jika anda menggunakan website/ webblog sebagai media promosi jangan lupa menerapkan strategi SEO pada website anda.

Promosi untuk meningkatkan penjualan bisa anda coba dengan teknik “kompetisi”. Seorang konsumen akan merasa tertantang jika ada acara kompetisi dengan iming-iming hadiah tertentu. Promosi dengan strategi pengumpulan poin juga ampuh untuk anda coba terapkan. Dengan melakukan hal tertentu maka konsumen mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan produk tertentu. Dengan hubungan antara konsumen dengan bisnis anda akan terjaga.

Sekian yang dapat kami bagikan, bagaimana trik meningkatkan penjualan online. Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi untuk anda melanjutkan bisnis online anda. Jangan pantang menyerah. Tetap kreatif dan inovatif dalam berbisni. Bermodalkan seikit tips dari kami semoga membatu membuka pemikiran dan ide-ide kreatif anda dalam berbisnis.

 

Salam rongrangreng!

Leave a Reply

jasa web design bali, jasa SEO, internet marketing dan jasa menulis konten