Panduan menulis artikel website yang disukai pengunjung

Menulis artikel gampang gampang susah. Rasanya gampang saat dibayangkan, namun memasuki tahap penulisan sering kali terjadi stuck, hingga artikel tidak jadi diterbitkan. Bermacam macam alasan muncul, mulai dari kurang materi, bahasan kurang berbobot, hasil tulisan kurang bagus dan sebagainya. Kegagalan mempublikasikan sebuah artikel untuk website dipengaruhi banyak faktor. Faktor yang paling berpengaruh adalah tingkat percaya diri dan keyakinan. Jika anda sebagai penulisnya saja sudah tidak yakin, bagaimana bisa meyakinkan pengunjung website untuk tetap setia dengan artikel-artikel anda.

menulis artikel

Disinilah anda memerlukan sebuah panduan menulis artikel. Dengan panduan anda bisa menulis berkualitas mengikuti kerangka yang sudah anda buat. Menulis artikel yang disukai pengunjung tidaklah mudah. Selain dipengauhi oleh pemilihan topik, cara penyajian dan penuturanpun juga harus diperhatikan. Pada kesempatan ini saya akan berbagi untuk anda semua bagaimana menulis artikel website yang disukai pengunjung.

Formula berikut ini dapat anda jadikan panduan dalam menciptakan artikel yang disukai pengunjung.

1. Ketahui lebih dahulu, artikel apa disukai pengunjung?

Siapa pengunjung anda? tentu manusia, bukan robot. Menulislah sesuatu yang disukai oleh manusia. Bukan alih alih hanya untuk mengejar posisi di mesin pencari. Artikel apa yang disukai oleh pengujung? Tentunya artikel dengan topik menarik. Buatlah artikel yang berguna untuk pengunjung. Memberikan informasi dan solusi. Untuk mengetahui informasi apa yang banyak dicari pembaca,  anda bisa manfaatkan Google Trend.

Selain google trend, forum juga bisa menjadi sumber inspirasi topik yang menarik. Bergabunglah dalam forum yang berkaitan dengan kategori website anda. Pantau dan pelajari apa saja yang sering dicari atau yang sering dikeluhkan. Dari situ ide akan muncul untuk anda membuat sebuah artikel website yang disukai pengunjung.

2. Membuat judul artikel yang tepat

Judul artikel adalah hal pertama yang akan dilirik. Judul artikel menentukan perilaku pembaca, melakukan klik atau melewati judul artikel begitu saja. Maka anda perlu tahu strategi membuat sebuah judul artikel yang berkualitas. Rumuskan sebuah judul yang menarik dan memunculkan rasa penasaran. Dalam membuat judul artikel yang menarik anda bisa terapkan teknik copywriting.

Perhatikan judul judul berikut

  • Cara memutihkan wajah ====>> judul terlalu hambar kurang greget
  • Cara memutihkan wajah secara alami dalam 7 hari ====>> Judul yang baik
  • Cara memutihkan wajah secara alami dijamin ampuh dan cepat dengan trik berikut ====>> Judul yang aneh dan berlebihan

Bagaimana sampai sini apakah sudah cukup jelas? Analisa dan pilih topik kemudian rumuskan judul yang greget. Selanjutnya perhatikan hal-hal berikut

3. Kenyamanan tampilan untuk pembaca

Tampilan website sangat mempengaruhi betah tidaknya pengunjung berlama lama di situs anda. Padukan latar belakang tulisan dengan warna tulisan yang nyaman dimata. Latar belakang merah dengan tulisan hitam adalah hal sangat buruk. Pilih warna standar putih dengan warna tulisan hitam akan lebih baik.  gunakan font style standar arial, roboto, georgia yang mudah dibaca. Pemilihan font tidak terlalu kecil atau besar, gunakan font size antara 14-22px. Set lebar horizontal antara 480-720px, line-height antara 1.5-2em dan margin antar paragraf 1.5-2em.

4. Kualitas dan cakupan pembahasan

Disinilah diperlukan skill anda dalam membuat sebuah tulisan. Kegiatan menulis tidak pernah bisa lepas dari membaca. Sebelum menulis anda harus membaca materinya. Anda tidak akan pernah bisa menulis jika tidak mengetahui topik dan pembahasannya.

Untuk menciptakan artikel yang unggul dan disukai pengunjung maka tingkatkan kualitas tulisan anda, caranya? 

  • Anda pelajari lebih dalam topik yang akan anda tulis
  • Temukan artikel dari sumber sumber lain yang membahas topik sama kemudian analisa
  • Temukan kekurangan kekurangan yang anda temukan di artikel lain.
  • Tulis artikel tanpa mencontek dari artikel lain, namun tuangkan hasil apa yang anda pelajari dan analisa dalam bentuk kreasi yang lebih sempurna.

Website unggul karena konten berkualitas. Apa saja syarat konten dapat dikatakan berkualitas?

Bagaimana dengan panjang pembahasan topik? Sebuah artikel SEO mewajibkan artikel terdiri dari minimal 300 kata. Sebuah artikel memang baiknya terdiri lebih dari 300 kata. Ini mengindikasikan seberapa dalam cakupan yang akan dibahas. Semakin lengkap yang anda sajikan akan lebih baik. Namun bagaimana jika topik yang anda pilih memang cakupannya sempit? Ya tidak perlu mengarang juga agar 300 kata terpenuhi. Malah tulisan anda bisa menjadi aneh dibaca. Sebelum memulai menulis buatlah draft apa saja yang akan dibahas. Ini penting agar artikel anda tidak keluar dari konteks judul.

Contoh draft penulisan artikel

Judul : Cara memutihkan kulit secara alami dalam 7 hari

Latar belakang : Hal-hal yang mempengaruhi warna kulit

Pembahasan :

  • putih alami dengan masker bengkoang. Mengapa bengkong? bagaimana membuat masker bengkoang?
  • putih alami dengan air lemon. Kenapa lemon menjadi istimewa dalam memutihkan kulit? Bagaimana caranya? adakah efek samping?
  • putih alami dengan masker yogurt. Alasan mengapa dengan yogurt? yogurt yang bagaimana? dosis pemakaian?
  • dll

Kesimpulan

  • Kandungan dari masker a,b,c mampu mempengaruhi warna kulit manusia secara alami jika diterapkan dengan dosis yang tepat

Bagaimana sampai disini anda sudah bisa membuat draft kasar sebelum menulis toh?! ini penting sebagai kerangka acuan anda dalam berkarya.

5. Gaya penyampaian

Menulis artikel yang baik dan disukai pengunjung dengan gaya penyapaian yang menarik. Bertuturlah seperti bagaimana saat anda berbicara. Gunakan kalimat ringan yang mudah dipahami. Kalimat aktif lebih disarankan daripada penggunaan kalimat pasif. Gaya penyampaian informasi dari tiap-tiap penulis berbeda-beda ada yang mencoba menutup nutupi, ada yang vulgar, ada yang nyindir dan nantang ada pula yang ramah, santai dan damai. Gaya penyampaian adalah ciri khas dalam tulisan. Kebanyakan pengunjung akan suka dengan penyampaian informasi yang ramah dan asyik.

Bagaimana sejauh ini apakah anda bisa mulai praktek menulis artikel yang baik? Ingat menulislah untuk kenyamanan manusia. Karena algoritma SEO telah berubah, durasi kunjungan manusia adalah data yang tidak bisa dimanipulasi mesin. Bounce rate sebuah website menjadi kunci penting dalam menentukan peringkat sebuah website. Bounce rate sangat erat kaitannya dengan perilaku pengunjung website. Apa itu Bunce rate dan bagaimana bounce rate mempengaruhi peringkat sebuah website, bisa anda baca disini

Saatnya untuk anda mulai praktek. Panduannya telah anda ketahui, selangkah lebih dekat untuk karya artikel yang berkualitas. Saat karya artikel anda sudah dibuat jangan lupa dishare yaa.

Selamat berlatih menulis

Salam rongrangreng!

 

Leave a Reply

jasa website bergaransi rongrangreng.net

jasa web design bali, jasa SEO, internet marketing dan jasa menulis konten