Pembaharuan Google website harus responsive

Pembaharuan Google yang dirumorkan dari tahun 2015 kini mulai diterapkan. Sudahkan anda tahu kebijakan baru Google yang akan melakukan “kick out alias pinalty pada website yang tidak mobile friendly maupun responsive? Website hilang dari rekan database mesin pencari raksasa seperti Google adalah berita yang menyedihkan. Agar kesedihan tidak menimpa kita semua maka ketahuilah pembaharuan Google terbaru.

Sudahkah website anda responsive? Website responsive itu apa? Apakah berbeda antara website responsive dengan mobile friendly? 

Pembaharuan google design responsive dan mobile friendly?

Sebelum ke pembahasan mengenai pembaharuan google, kita harus mengenal apa itu website responsive dan website mobile friendly. Website responsive adalah design website yang mampu beradaptasi dengan segala device yang mengaksesnya. Tampilan website akan tetap mendukung walau ditampilkan pada resolusi layar yang berbeda beda.

Apa perbedaannya dengan website mobile friendly? Web mobile friendly adalah terapan sistem website dahulu dengan membentuk satu bayangan website dengan extensi m.website. Rancangan khusus dibuatkan terpisah untuk tampilan di mobile dengan settingan berbagai resolusi layar. Saat diakses lewat mobile maka yang tampil adalah versi extensi “m.” untuk mendukung tampilan yang friendly.

Masih berkaitan dengan pembaharuan Google, responsive dan moblei friendly itu wajib diterapkan pada website anda. Baiknya responsive. Lah mengapa harus responsive toh dengan versi m.website sudah bisa tampil bagus di mobile.

Alasan mengapa harus responsive dan bukan versi m.website?

  1. Dengan design responsive anda tidak memerlukan website terpisah untuk tampilan di desktop dan mobile
  2. Dengan design responsive anda cukup merawat 1 website yang sudah bisa beradaptasi di berbagai perangkat dengan tampilan yang tetap friendly
  3. M.website  bisa menimbulkan error, bahkan sering terjadi saat url m.website dibagikan kemudian diakses dari perangkat yang berbeda terjadi error
  4. Jika sebuah website didapati dalam keadaan error, maka search engine akan meletakan website kita pada posisi yang buruk.

Jadi bagaimana dengan website anda? sudah responsive?

Nah kembali ke pembahasan mengenai pembaharuan Google terkait responsibilitas website. Algoritma  baru yang diterapkan di mobile (Android) bertujuan untuk mengefektifkan perayapan yang lebih baik pada sistem mobile. Seperti apa yang telah diprediksikan pengguna mobile akan terus meningkat, bahkan mobile akan menjadi perangkat unggulan praktis. Kemudahan dan flexibilitas yang ditawarkan mobile membuat orang cenderung menggunakannya dalam membantu berbagai aktivitas.

Data dunia mengatakan, ada kurang lebih 1,5 milyar orang melakukan akses internet menggunakan mobile. Ini artinya apa? Artinya website atau media online anda harus bisa tampil di mobile dengan baik. Tidak salah jika Google melakukan kebijakan baru dalam algoritma serta diterapkannya sistem perayapan pada sistem berbasis mobile. Jadi jika anda memiliki website/ media yang responsive artinya anda mampu menyampaikan konten-konten anda ke pengguna terbesar.

Cek website anda, jika belum responsive segera lakukan redesign untuk menghindari finalty dari pembaharuan Google.

Salam rongrangreng!

 

 

Leave a Reply

jasa web design bali, jasa SEO, internet marketing dan jasa menulis konten