Inilah 6 platform e-commerce terbaik untuk bisnis anda

E-commerce merupakan suatu proses berbisnis memanfaatkan dukungan teknologi elektronik dan internet sebagai penghubung perusahaan dengan para konsumen. Sebuah revolusi perdagangan baru di era digital yang sering diistilahkan dengan e-commerce kini berkembang pesat di seluruh negara, bahkan juga di Indonesia.

Sebuah sensus yang dilakukan di Amerika (U.S. Census Bureau News) merilis laporan, bahwa terjadi peningkatan signifikan pada transaksi memanfaatkan sistem e-commerce satu tahun terakhir. Jumlah total transaksi mencapai 80,3 milyar. Ini jelas bahwa e-commerce dari tahun ke tahun  semakin berkembang dan semakin kuat.

Bagaimana tidak!, mengingat banyaknya keuntungan yang yang bisa a dapatkan dari penerapan sistem e-commerce pada bisnis anda. Selain memudahkan manajemen produk, inventaris dan sistem transaksi  yang muda, e-commerce juga sebagai media promosi handal untuk memperluas jangkauan pasar anda.

Nah, jika anda tertarik mengembangkan bisnis dengan sistem e-commerce, bangunlah sistem online. Sebelumnya ketahui beberapa platform yang dapat anda terapkan pada bisnis anda. Ketahui kebutuhan sistem yang hendak anda buat, kemudian buat toko online anda.

Baca juga : Strategi marketing online

Bisnis online adalah

Berikut kami bagikan 6 platform e-commerce terbaik yang bisa anda pilih untuk diterapkan pada bisnis anda

e-commerce perdagangan era digital
perkembangan e-commerce setiap tahun meningkat

1. Symphony commerce

Symphony commerce merupakan platform ecommerce dengan sistem SaaS (Software as a Service). Platform ini mungkin kurang dikenal, namun kami yakin bahwa SaaS dapat menajadi solusi yang cerdas untuk bisnis anda. Cocok diaplikasikan pada bisnis sekala kecil dan menengah.

Dalam mottonya symphony menyatakan “Commerce as a service. No assembly required. Symphony is the only ready to go commerce platform“.

Jika anda tidak memiliki pengetahuan coding dan script, anda tetap bisa membangun toko online anda. Tidak ada salahnya mencoba membangun website dan memanajemen sendiri.

Selamat mencoba!

Symphony e-commerce mendukung pembangunan toko online kecil dengan easy management dan fitur-fitur yang menarik.

 

Baca juga: Hal penting yang harus anda ketahui sebelum memulai bisnis online

Bagaimana Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online

 

2. Squarespace

Squarespace sebagai platform pilihan yang mampu menekan pengeluaran anda dalam membangun sistem ecommerce. Dengan tawaran template yang beragam, anda cukup memilih kemudian drag dan drop. Customize tampilan yang mudah dalam mengatur tata letak produk anda. Anda tidak perlu mempelajari kode dan script php maupun html untuk dapat membangun toko online dengan squarespace.

Kemudahan kontrol dan sistem inventaris yang lengkap memudahkan anda dalam membuat penawaran produk dari berbagai varian dan pengontrolan stok.
Squarespace adalah platform yang tinggi peminatnya, mulai bisnis besar, menengah, hingga kecil/ eceran yang ingin menerapkan sistem ecommerce pada bisnisnya. 

Tertarik mencoba squarespace untuk bisnis anda, silahkan kunjungi web resmi Squarespace

 

3. Magento

Magento adalah platform yang fleksibel, karena mampu memenuhi kebutuhan bisnis kecil sampai besar. Dengan license yang open source menjadikan magento murah dan mendukung pengembangan fitur sesuai dengan kebutuhan anda.

Semisal anda hendak manambahkan fungsi analityc data pengunjung, bisa dengan menambahkan extensi gratis dari Nosto. Dari penilaian kami saat ini Magento dapat menjadi pilihan bagus untuk perusahaan yang sedang berkembang. Karena platform ini cukup kompleks dan matang (yaa walau mungkin bagi pemula sedikit rumit)

Tapi itu tidak menjadi penghalang semangat anda. Jika hendak mencoba magento dalam membangun toko online anda maka pelajari dahulu seluk beluk kecanggihan platform tersebut, agar semua fungsi dapat diaktifkan dan dimanfaatkan dengan maksimal.

 

4. CommerceHub (layanan berbasis cloud)

CommerceHub merupakan platform yang lebih berfungsi menghubungkan pengecer online dengan pemasok. Penggunaan platform ini akan membuka peluang untuk banyaknya pemasok pemasok datang bergabung dalam sistem ecommerce anda. Jika anda tertarik membangun ecommerce dengan platform ini maka pelajari pemasok anda terlebih dahulu untuk memastikan kualitasnya.

 

5.Drupal ecommerce

Inilah ecommerce yang dibangun kuat dengan sistem manajemen konten (CMS). Drupal sangatlah flexibel dengan modul modul yang dapat dengan mudah diintegrasikan dan dikonfigurasi.
Dalam mengaplikasiannya anda memerlukan pengetahuan coding dan script untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Jika anda tertarik mencoba Drupal untuk sistem toko online anda, silahkan. Namun penting mengantongi diri anda dengan konfigurasi dan instalasi drupal.

Di internet ada banyak tutorial yang dapat anda manfaatkan. Selamat mencoba!

Drupal berlisensi gratis sehingga tidak hanya menjadi platform yang menawarkan berbagai kemudahan namun juga keterjangkauan dalam pembiayaan.

 

6. Shopify

Shopify hadir membantu anda untuk memiliki toko online dengan sangat mudah. Platform ini hadir dengan sistem all in one yang kuat. Dengan jumlah registran (toko) yang tinggi (mencapai 100.000 toko online), menjadikan shopify menjadi platform terpopuler dengan predikan yang baik.

Dengan shopify anda dapat mengupload produk dengan jumlah yang tak terbatas. Selain itu platform ini memberi kemudahan manajemen dan konfigurasi. Shopify juga menawarkan lebih dari 1000 aplikasi pendukung, secara gratis maupun berbayar, sehingga sangat mendukung efisiensi performa toko online anda.

Fitur tambahan seperti analytic, SEO dan chart menjadi satu paket yang siap mendukung toko online anda. Bahkan anda tidak memerlukan keahlian coding untuk bisa membangun toko online anda.

Di luaran sana ada ribuan platform e-commerce lain dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Namun yang penting ditekankan adalah pada tingkat kebutuhan anda. Ketahui terlebih dahulu sistem seperti apa yang tepat untuk bisnis anda. Semisal penggunaan sqarespace yang menarik dan mudah diawal runing, namun untuk jangka panjang justru memerlukan biaya yang lebih tinggi. Mengingat Squarespace memiliki skalabilitas yang rendah untuk jangka panjang.

Jika anda membutuhkan sistem stabil untuk jangka panjang, bisa anda terapkan platform berbasis CMS (content management sistem) seperti drupal ataupun magento yang berbasis CRM (customer relationship management). Investasi waktu dan dana yang anda keluarkan memang akan lebih tinggi namun untuk stabilitas running jangka panjang, platform ini lebih kami sarankan.

Selamat membangun toko online!

 

salam rongrangreng!


loading…

Leave a Reply