Teknologi dan Internet masa revolusi kehidupan di abad 21

Perubahan besar benar-benar nyata terjadi pada kehidupan manusia semenjak teknologi dan internet berkembang. Semakin hari semakin baik, teknologi dan internet berkembang dengan cepat.

Masyarakat terpacu terus untuk mengejar ketertinggalannya. Perangkat dengan smart system semakin mudah didapatkan. Masyarakat semakin hari semakin melek internet dan teknologi. Mereka tergabung dalam sosial media, membuat website sampai berbisnis di internet.

Ini tanpa disadari lama lama kehidupan manusia dipengaruhi dan dikontrol oleh teknologi. Karena ini mengapa saya berkali kali ingatkan untuk menjadi pengguna teknologi dan internet yang bijak dan cerdas.

Pemandangan seperti ini mudah kita jumpai di abad 21

Dampak teknologi dan internet dalam kehidupan

1. Teknologi dan Internet menawarkan kemudahan

Orang yang mengenal dan menggunakan internet berpeluang besar menerima dampak pergaulan global. Telah terjadi perubahan dalam tatanan kehidupan masa kini. Perubahan bahkan terjadi pada hampir semua bidang keidupan sehari hari. Mulai dari berbelanja, memesan makanan, memesan taksi, map dengan route, berdiskusi, mencari penghasilan, berbisnis sampai pada aktivitas romansa kini tertopang oleh teknologi dan internet. Dengan teknologi dan internet semua serba mudah toh?!! Mau apa-apa tinggal terkoneksi dengan jaringan internet.

Otak manusia belajar dan beradaptasi begitu cepat dengan perkembangan. Internet dan teknologi membantu manusia berinteraksi dan menjalin relasi dalam kehidupan. Untuk bisa terhubung dengan keluarga di luar negeri sudah gampang, bahkan serasa tidak ada jarak yang memisahkan. Di awal tahun millenium tidak pernah terbayangkan oleh saya, jika fenomena perubahan kehidupan ini akan terjadi akibat dari internet.

Banyak kemudahan yang ditawarkan, banyak pula dampak global juga diciptakan, yang baik maupun buruk. Kemajuan ini seperti pisau bermata dua, jika salah menggunakan bisa jadi malah melukai.

2. Teknologi dan Internet mengontrol kehidupan

Sadarkah kita dengan revolusi kehidupan yang terjadi? Masyarakat semakin melek teknologi, semua mulai haus informasi, mereka menggali informasi, mereka takut tertinggal, manusia ingin diapresiasi, banyak ingin diakui, menjadi populer, banyak yang ingin tampil menjadi orang penting yang berpengaruh. Inilah revolusi kehidupan abda 21 yang terjadi.

Dalam kehidupan sosial tercipta evolusi yang signifikan. Orang merasa sangat penting untuk memposting berita setiap hari, mau berita baik atau buruk yang penting update. Cerita bangun tidur, aktivitas sehari-hari, emosi sampai curhatan dirasa orang lain perlu tahu semua.

Secara tidak sadar perlahan teknologi dan internet menggiring manusia seperti masuk dalam dunia lain. Perlahan mempengaruhi cara berpikir, kemudia merubah kehidupan dan hidupnya. Jika belum cukup bijak dan cerdas dalam memanfaatkan teknologi dan internet, jangan sampai menjadi korban jaman.

3. Teknologi dan internet mampu menunjukan cara yang berbeda

Dalam komunikasi dan silaturahmi perlahan berbeda. Sebagai contoh real di media sosial memungkinkan orang untuk terus update kehidupan sehari hari, dalam bentuk teks, gambar, video maupun bentuk lainnya. Informasi tentang kehidupan setiap orang yang tersambung dalam jaringan dapat dengan mudah dilihat. Dengan siapa seseorang menjalin relasi, kemana dia pergi berlibur, dimana dia bekerja, aktivitas apa yang dilakukannya. Semua dengan mudah dapat diketahui saat tergabung dalam jaringan sosial.

Manusia abad 21 cenderung terbuka untuk membagikan hal-hal pribadinya. Update pertunangan dan ulang tahun di facebook, berita kelulusan di instagram, kabar kehamilan dan kelahiran di twitter. Apa yang terjadi perlahan membunuh makna silaturahmi. Untuk apa reuni jika update tentang rekan-rekan anda sudah bisa dilihat dalam jaringan pertemanan di sosial media. Pikiran tentang reuni dan silaturahmi lama lama akan menjadi terkesan membuang tenaga dan waktu saja. Jikapun reuni terlaksana, masing masing orang masih saja sibuk dengan gadgetnya masing masing, iya toh.

Saat berkumpul bersama samapun manusia lebih cenderung suka dengan dunia yang ada di gadgetnya.

4. Teknologi dan internet mengajak orang terhubung dan berpartisipasi dengan mudah

Media sosial dan media komunikasi interaktif lainnya telah merubah cara manusia berpikir. Setiap orang yang terhubung internet memiliki akses untuk menemukan ide dan gagasan, semua orang kini bebas bersuara dan berekspresi di dunia internet. Transisi budaya terjadi, orang dengan mudah belajar dan saling meniru. Tidak salah mengapa di Indonesia banyak remaja yang tampil dengan dandanan ala Korea. Banyak masyarakat mulai meniru life syle ala Jepang.

Fenomena lainnya, pemotretan pertunangan atau pernikahan tidak lagi menjadi privasi, namun tersebar di jaringan sosial anda. Orang dapat dengan mudah menemukan, berkomentar atau memberi reaksi (like dan sebagainya). Saat menerima reaksi baik dalam jumlah banyak memunculkan kelegaan dan semakin kecanduan untuk terhubung. Terhubung jaringan sosial untuk memantau, memposting kembali, menelusuri jaringan. Begitulah orang yang sudah menikmati dunia lainnya, semakin hari semakin kecanduan.

Manusia terhubung dengan semakin mudah. Tidak diperlukan lagi desktop atau komputer dirumah atau di kantor untuk terhubung. Cukup dengan smartphone dengan mobilitas yang tinggi anda tetap bisa update dan tersambung dalam jaringan sosial anda.

Seperti apa kita harus bersikap?

Perkembangan teknologi dan internet tidak bisa kita tolak, karena itu sudah nyata terjadi dan mempengaruhi gaya kehidupan manusia. Sebagai insan yang dibekali pikiran, menjadilah cerdas dalam memanfaatkan teknologi dan internet, satu satu kunci penting. Cerdas dan bijaklah dengan perkembangan teknologi.

Pelajari dan patuhi etika dalam berinternet. Kenali seberapa layak konten-konten yang tersebar online bisa dipercaya. Jangan jadi orang baperan dengan sebaran konten yang begitu beragam dengan berbagai tujuan. Hidup mengikuti trend dan kekinian boleh boleh saja. Filtrasilah mana yang baik mana yang buruk saat anda terhubung dalam sisi lain dunia ini

 

Semangat menjalani hari dengan aktivitas positif di dunia lain

salam rongrangreng!

 

 

Leave a Reply

jasa website bergaransi rongrangreng.net

jasa web design bali, jasa SEO, internet marketing dan jasa menulis konten