Tips membuat konten berkualitas untuk meningkatkan pemasaran

Kegiatan pemasaran bisa terasa sangat rumit dan melelahkan jika strategi yang anda terapkan tidak tepat. Di jaman sekarang dengan perkembangan teknologi yang semakin inovatif, berbagai strategi pemasaran baru ditemukan. Strategi pemasaran terus berkembang mengikuti trend dan teknologi terkini.

Tidak semua bisnis dapat diterapkan dengan strategi pemasaran yang sama. Dan tidak semua tenaga pemasaran memiliki metode pengaplikasian pemasaran yang sama. Setiap pemasaran ada konsepnya masing-masing dengan perangkat dan caranya tersendiri. Namun satu hal penting yang tetap sebagai kunci pemasaran adalah konten berkualitas.

pemasaran konten

Konten berkualitas adalah senjata pamungkas utama dan penting dalam meningkatkan pemasaran di tahun 2018. Konten yang anda publikasikan menentukan apakah kualitasnya mampu bersaing diantara 200 jutaan konten online lainnya yang terpublikasikan setiap 60 detik.

Dapat anda bayangkan betapa ketat persaingan anda di dunia pemasaran online. Jika anda memilih pemasaran online sebagai promosi bisnis, maka penting untuk mempelajari dan mengaplikasikan tips berikut ini.

10 tips membuat konten berkualitas untuk meningkatkan pemasaran di tahun 2018

1. Memilih agen penulis konten yang tepat

Pemegang peran utama keberhasilan pemasaran adalah konten.  Setiap pelaku marketing harus mampu menemukan agen penulis konten yang tepat dan cocok untuk bisnisnya. Cari tahu reputasi dari sebuah agen penulis, mulai dari pengalaman, cara komunikasi, antusias, komitmen, profesionalisme sampai pada seberapa jauh penguasaan materi dari topik yang anda ajukan.

Jika anda hendak membuat konten anda sendiri boleh-boleh saja.
Baca : Perlukah jasa penulis artikel untuk website anda?

Panduan menulis artikel website yang disukai pengunjung

2. Melakukan optimasi konten

Setiap konten yang telah dipublikasikan wajib dioptimasi agar ditemukan oleh mesin pencari. Anda bisa terapkan teknik SEO. Apa itu SEO dan bagaimana melakukan optimasi SEO? dapat anda baca disini

Apa itu SEO search engine optimization

Unggul karena konten berkualitas- konten bagaimana dapat dikatakan berkualitas?

Mendapatkan posisi 1 Google dengan optimasi seo

Publikasi konten cerdas stop data manipulasi dan pembodohan massa

Optimasi konten tidak hanya terletak pada pemuatan kata kunci, namun lebih pada flow konten yang alami, kalimat tidak menjadi janggal dan aneh saat berpadu dengan kata kunci utama yang akan dioptimasi.

Untuk memudahkan memahami kalimat, pecahlah konten menjadi beberapa bagian dengan heading sub title yang tepat. Optimasi konten di tahun 2018 masih tetap penting menambahkan deskripsi singkat pada setiap publikasi. Deskripsi sebagai review yang nanti akan muncul pada halaman hasil pencarian.

3. Konten berkualitas yang clickable

Clickable adalah strategi bagaimana agar sebuah konten mampu mengarahkan pengunjung untuk melakukan klik pada tautan-tautan terkait yang ada pada sebuah postingan. Disini kita perlu membuat anchor text dan memasang link-link terkait sehingga terbentuk jalinan.

Suguhkan pengunjung anda dengan link terkait dengan topik bahasan yang relevan. Buat pengunjung mudah menemukan informasi detail pada postingan anda. Seberapa lama pengunjung anda bisa bertahan pada situs anda. waktu yang dihabiskan pengunjung untuk berseluncur di website anda mempengaruhi bounce rate.

Pengaruh buruk bounce rate tinggi terhadap website dan solusinya

Membuat artikel SEO friendly yang berkualitas

4. Fokus dan konten yang detail

Pemasaran konten 2018 lebih merujuk pada fokus dan detail dari sebuah topik. Konten yang manyuguhkan ulasan yang lebih dalam dan lebih lengkap akan lebih diminati.

Untuk memenangkan persaingan dalam hal pemasaran, maka munculkanlah nilai tambah lebih yang tidak dapat ditemukan pada media online lainnya. Selain itu cobalah dengan konten kombinasi. Kombinasikan konten dengan trend dan berita terkini yang banyak diperbincangkan.

5. Konten bervariatif

Jika selama ini konten anda hanya text, cobalah berkreasi dengan membuat storyboard. Ada 8 jenis konten berbeda-beda yang dapat anda kreasikan. Semakin beragam konten yang anda publikasikan maka angka audien-pun lebih besar, karena setiap format konten memiliki penggemarnya masing-masing.

Penyebaran konten juga harus disesuaikan dengan media yang ada. Seperti Pinterest memuat storyboard dan infografik, Instagram memuat gambar, twitter membuat text, youtube memuat video dan sebagainya.

6. Konten orisinil dan berkualitas

Konten anda haruslah orisinil (bukan hasil plagiat). Jika diperlukan anda dapat bermitra dengan organisasi atau pihak-pihak lain untuk menciptakan konten bersama. Atau membuka kesempatan pihak lain menjadi kontributor pada situs anda.

7. Konten visual

Konten visual ternyata lebih mampu menarik perhatian. Hasil study menyatakan bahwa, seseorang  lebih mudah mengingat 65% dari apa yang mereka lihat. Elemen-elemen visual yang anda buat harus mampu menyampaikan makna dan informasi, memberi hiburan, menarik, mengesankan dan mudah diingat.

8. Mengkombinasikan konten video

Dalam perkembangan 12 bulan terakhir menunjukan bahwa konten video semakin diminati. Promosi dengan konten video berdurasi singkat lebih menarik daripada hanya text panjang yang membosankan.

9. Memunculkan ide topik menarik

Topik-topik yang sedang menjadi trend selalu menarik untuk dicari tahu dan digali lebih dalam. Buatlah konten dengan mengikuti perkembangan berita saat ini. Konten dari pesaing anda juga dapat dijadikan inspirasi untuk dikembangkan dan dikreasikan.

10. Membuat dan mempublikasikan konten rutin

Mempublikasikan konten rutin (dengan frekuensi tinggi) membawa hasil yang tinggi pula. Sebuah website yang posting 16/ lebih konten setiap bulannya ternyata 5x lebih potensial lebih banyak mendapat traffic lalu lintas pengunjung. Jalinan antar konten juga mampu meningkatkan traffic pengunjung untuk jangka panjang. Jadi rutinlah melakukan update pada website anda.

Traffic pengunjung website menurun inilah penyebabnya

Cara optimasi website untuk meningkatkan traffic pengunjung

Teknologi dan strategi pemasaran semakin hari semakin berkembang, namun nilai dari kualitas konten tetap menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan sebuah pemasaran. Jadi teruslah berkarya menghasilkan konten-konten yang berkualitas.

 

salam rongrangreng!