Trend digital marketing masa depan

Trend digital marketing masa depan menjadi bahan kajian analisa yang menantang bagi para digital marketer. Melihat perkembangan digital marketing di tahun 2016 yang begitu dinamis, mengisyaratkan tahun sekarang dan tahun tahun berikutnya akan semakin berkembang lagi. Pelaku bisnis mulai sadar akan pentingnya mengimplementasikan gaya pemasaran masa kini agar tetap bisa bersaing. Trend digital marketing adalah strategi  pemasaran yang luas dan kompleks, dengan perkembangan yang begitu cepat.

Jika anda adalah seorang digital marketer atau sedang belajar menerapkan digital marketing untuk membangun brand anda, maka ketahuilah trend digital marketing saat ini dan nanti. Informasi trend digital marketing perlu anda kantongi sebagai panduan agar tidak keluar track.

Sebelum ke pembahasan trend digital marketing masa depan. Ada beberapa pertanyaan yang wajib anda jawab terlebih dahulu

1. Sejauh ini media online apa saja yang anda gunakan dalam digital marketing? Website? blog? youtube chanel? Sosial media? instagram? atau lainnya?

2. Selama ini apakah anda memiliki alat ukur seberapa efektif penerapan digital marketing untuk bisnis anda? Berapa jumlah pengunjung? Hasil analisa karakteristik user? Apa yang paling banyak dicari? Teknologi yang digunakan?

3. Apa yang sudah anda persiapkan untuk menghadapi dinamisme trend digital marketing yang begitu cepat?

Mengapa saya tanyakan tiga hal tersebut diatas. Tidak lain untuk mengingatkan anda sudah sejauh mana anda melakukan digital marketing untuk bisnis anda. Mengingatkan anda agar selalu memantau dan membuat laporan hasil analisa. Terakhir tentang persiapan bersaing mengikuti trend digital marketing. Sudah siapkah anda mengetahui apa trend digital marketing masa depan?

Fenomena yang sedang terjadi

Dari hasil prediksi memasuki tahun 2017, beberapa media akan mulai dilupakan. Diantaranya TV, radio, telephone kabel, surat kabar, surat pos menurun peminatnya. Kehadiran youtube telah menggantikan peranan TV sebagai media penyedia hiburan, begitupula dengan perangkat radio akan tergeser oleh online streaming dan online musik playlist. Masyarakat lebih memilih menggunakan smartphone dengan mobile Apps dalam berkomunikasi. Begitu juga dengan surat kabar cetak akan ditinggalkan, karena berita dan informasi di media cetak bisa didapatkan online melalui mobile phone.

Dari fenomena diatas mobile phone dengan smart sistemnya telah membawa dunia pada perubahan besar. Dengan satu perangkat yang handy bisa dibawa kemana mana mampu menawarkan layanan dan fitur yang dibutuhkan pengguna.

Berikut trend digital marketing masa depan yang wajib anda ketahui

1. Perangkat mobile dan gadget akan mendominasi

Mulai dari tahun 2014 angka pengguna mobile phone terus meningkat. Bisa dikatakan tahun (2015-2017) adalah kejayaan bagi industri mobile. Kehadiran mobile dan gadget yang semakin bervariatif dengan teknologi yang semakin baik telah mampu menurunkan presentase pengguna komputer/ desktop. Google pun telah memberlakukan penetapan “kick out” untuk website yang tidak mobile friendly atau tidak yang tidak bisa dioptimalkan di mobile.

Dikenal juga mobile advertising dimana pemasaran iklan dapat dilakukan melalui mobile phone. Para konsumen setiap harinya dapat dipastikan memegang dan memainkan mobile dan gadgetnya. Banyaknya konsumen terlibat dalam komunikasi dan interaksi melalui mobile dan gatget. Maka pengguna perangkat mobile dan gatget menjadi target empuk bagi para digital marketer. Bagaimana sudah siapkah anda mengikuti trend digital marketing masa depan? Pelanggan potensial bisa kita dapatkan dari para pengguna mobile. Pastikan media online promosi bisnis anda mendukung untuk ditampilkan di mobile dan gatget lainnya.

2. Mobile Apps semakin berkembang

Hampir 85% penduduk Indonesia memanfaatkan mobile phone dalam kegiatan komunikasi dan akses informasi. Sebuah smartphone tentu membutuhkan aplikasi pendukung untuk memaksimalkan fungsinya dan memberi kemudahan bagi pengguna. Mobile apps yang sudah dikenal dan banyak digunakan masyarakat seperti app pembayaran online, belanja online, taxi online, app map direction sampai mobile app untuk bisnis online.

Perkembangan mobile apps sejalan dengan meningkatnya penggunaan mobile. Ini mengapa jika anda memiliki sebuah media online website/blog pastikan mendukung tampilan di mobile. Sebuah website harus responsive. Responsive tidak hanya berarti bagus ditanpilkan pada mobile. Responsive berarti kemampuan website untuk beradaptasi dengan berbagi device memiliki ukuran beragam.

3. Trend digital marketing yang mengedepankan data driven decision

Data driven decision adalah analisa pengambilan keputusan berdasarkan data. Sederhananya, seorang marketer mampu mengetahui data apa saja yang harus ditampilkan agar dapat menuntun konsumen segera mengambil keputusan/ melakukan transaksi. Hasil study menyatakan dengan menampilkan tombol aksi (action button) orang akan dengan lebih cepat diarahkan pada sebuah pengambilan keputusan.

Pemilihan warna warna pada tombol aksi juga mempengaruhi kecepatan seseorang dalam memutuskan sesuatu. Jika website bisnis anda belum menampilkan button action, anda bisa terapkan sekarang dengan kombinasi warna yang menarik. Button action seperti “order now”, “call me”, “search” dan sebagainya.

Seorang marketer dalam menganalisa strategi pemasaran yang cocok diterapkan juga harus berdasarkan data driven. Bagi seorang analist data driven juga berarti informasi yang memberi petunjuk yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan. Data driven bisa berupa informasi konsumen/pengunjung. Data jumlah pengunjung, data karakteristik user, data keyword. Data inilah yang diolah menjadi informasi yang mampu mengarahkan seseorang dalam mengambil keputusan

4. Personalized campaign dan mengetahui buyer persona

Buyer persona adalah analisa untuk mengetahui karakter dari pembeli anda. Beberapa pertanyaan yang dapat membantu anda merumuskan buyer persona seperti apakah anda benar benar tahu siapa yang akan membeli? Motivasi apa yang menjadikan orang membeli di bisnis anda? Dengan membuat buyer persona anda akan lebih manpu mengenali pelanggan dan target pasar anda. Kegiatan marketing anda tidak akan sia sia jika buyer persona telah dirumuskan dengan jelas.

Personalize campaign diartikan mampu memenuhi apa yg dicari masing masing orang. Disini ditekankan tentang bagaimana anda menampilkan konten yang sesuai untuk terget yang tepat. Konten yang anda sajikan harus mengacu pada point yang tepat. Konten harus menampilkan informasi apa yang pengguna butuhkan, konten harus menyajikan solusi dari berbagai persoalan yang sering terjadi di masyarakat dan konten harus mampu menyajikan informasi apa yang pengguna inginkan. Inilah trend digital marketing yang tepat dan efektif. Sudahkah anda menentukan buyer persona?

4. Iklan online

Beriklan online sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis dalam promosi atau membangun branding. Tidak heran jika dari tahun ke tahun jumlah pengiklan di dunia online semakin bertambah. Fenomena ini akan tetap berlangsung selama manusia masih memanfaatkan media online dalam berbagai aktifitasnya.

Iklan online tidak saja kombinasi text dan gambar namun juga berupa video atau dalam bentuk 3D. Trend digital marketing masa depan untuk iklan adalah : Iklan harus mampu memberi sentuhan dan pengalaman pada konsumen. Iklan tidak hanya merujuk pada penjualan, namun diberi sentuhan cerita yang mnggugah konsumen hingga konsumen berkata, “ini seperti apa yang saya alami”. Kemudian hadirlah dengan penawaran solusi. Jika iklan anda bisa sampai menyentuh sisi emosional konsumen 80% dapat dipastikan transaksi terjadi.

Banyak video video dan animasi komersil berupa iklan yang bisa jadikan inspirasi dalam membuat konten iklan yang trend dan banyak dicari.

Cukup sekian pembahasan kita tentang trend digital marketing masa depan. Tentunya kita sudah meraskan bagaimana mobile kini telah didesign untuk mampu menjawab berbagai persoalan masyarakat. Tidak salah mengapa perangkat mobile semakin tahun semakin meningkat penggunanya. Begitu juga dengan iklan online, dengan sentuhan ide kreatif dan video editing terbentuklah iklan yang luwes, tidak hanya melulu menjual namun juga mampu memberi sentuhan emosi yang membuat konsumen anda tidak bisa berkata tidak.

Mari bersiap untuk bisa menjadi bagian dari trend digital marketing masa depan.

 

Salam rongrangreng!

 

Leave a Reply

jasa web design bali, jasa SEO, internet marketing dan jasa menulis konten