Apa itu digital marketing

Apa itu digital marketing

Sosial media, digital marketing, internet marketing, media online, timeline, media digital telah menjadi istilah atau kata yang lumrah ditelinga kita. Dalam penerapannya banyak orang yang telah biasa bahkan ahli dalam istilah istilah tersebut. Namun secara penjabaran jangan sampai anda bingung dalam memahami kata dalam mendefinisikan. Untuk itu mari kita review kembali apa sih digital marketing?

Apa itu digital marketing?

Digital marketing atau yang dikenal dengan pemasaran digital ialah suatu kegiatan memasarkan dan mempromosikan suatu brand tertentu baik berupa barang atau jasa dengan memanfaatkan media digital. Berbicara media digital sangat erat kaitannya dengan perangkat digital. Perangkat digital yang kita kenal ada banyak sekali, seperti komputer, handphone, tablet, camera dan lainnya. Sedangkan media digital ialah wadah pemasaran maupun promosi yang memadukan antara perangkat digital dengan internet. Beberapa media digital seperti website, blog, sosial media, social network dan sebagainya.

Pengguna digital marketing

Digital marketing telah populer yang hampir dipergunakan oleh sebagian besar marketer di seluruh dunia. Hal ini terjadi karena meningkatnya peranan internet dan pengembangan teknologi yang semakin inovatif. Internet telah mampu menjadi jembatan pembuka pasar yang prospektif bagi para pelaku bisnis di jaman digital.

Digital marketing dapat juga disebutkan sebagi internet marketing dunia digital. Penerapan dari internet marketing ini tentu berkaitan dengan berbagai teknik dan aspek aspek pemasaran. Faktor psikologis dan humanis bersinergi dengan teknologi membentuk suatu terobosan strategi pemasaran era digital. Keberadaan media multimedia raksasa ini hadir memberi banyak fitur layanan yang dapat anda manfaatkan.

Perkembangan era digital

Perkembangan digital marketing juga ditandai dengan hadirnya berbagi digital agency. Digital agency merupakan perusahaan jasa konsultasi yang siap membantu para pelaku bisnis dalam kegiatan memasarkan online. Cakupan kegiatan diataranya promosi, inovasi teknologi, pengembangan media online, design, kreatifitas dan pengembangan lainnya.

Dunia digital marketing tentu memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional (offline). Selain karena jangkauannya lebih luas dan kemudahan dalam akses, terdapat juga fitur fitur yang dapat kita jadikan tolak ukur keberhasilan usaha pemasaran digital. Seperti contoh tool google, analytic. Dengan tool ini kita mampu melihat perkembangan traffic pengunjung website. Pola strategi pemasaran yang diterapkan akan lebih tepat jika sebelumnya dilakukan analisa akurat, mulai dari target pengunjung, kategori dan berbagai spesifikasi lainnya. Baca juga bagaimana digital marketing ampuh dalam meningkatkan profit melalui promosi efektif.

Digital marketing hadir sebagi tempat interaksi tanpa batas. Tempat bertemunya produsen, distributor dengan konsumen melalui media perantara online. Perkembangan dan inovasi yang dihadirkan di era digital ini bukan tanpa akibat. Jika anda bijak dan mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan positif, tentu profit anda bisa raih. Namun jika anda terlalu lama hanya untuk bermain main dengan era digital ini, semoga tidak ada sesal dikemudian hari karena merasa terlambat dalam menyadari potensi luar biasa yang bisa digali dalam era digital ini.

Teruslah belajar, perdalam pengetahuan, asah ketrampilan dengan berani menciptakan pengalaman pengalaman baru ke dalam hidup anda. Pengalaman itu bisa anda ciptakan dan bawa ke dalam kehidupan.

 

Salam rongrang reng

Leave a Reply