Cara Kerja Internet – Apa itu Internet

Cara Kerja Internet – Apa itu Internet

Internet itu apa? dan bagaimana cara kerja internet?
Masyarakat sudah sangat akrab dengan yang namanya internet. Dengan internet manusia bisa terhubung dalam komunitas global. Namun sesungguhnya apa sih Internet itu? Apa dia adalah paket yang dijualkan oleh penyedia layanan telekomunikasi? Atau dia sejenis sinyal yang tidak terlihat? Bagaimana Internet itu bekerja sehingga dengan perangkat elektronik yang terkoneksi layanan internet anda bisa masuk ke komunitas global tanpa batas.

Mari kita cari tahu, apa itu internet? Anda mengenal internet, anda sering menggunakan internet tapi tidak sedikit yang lupa konsep dan cara kerja internet. Jika berpikiran masa bodo dengan bagaimana cara kerja internet dan konsep internet, haduh bahaya itu, jangan membawa kesan bodo aah.Diibaratkan barang, kita tahu barangnya, kita tau fungsinya, kita sering pakai, tapi tidak pernah mencoba memahami bagaima barang itu bekerja untuk anda, terlebih memikirkan bagaimana orang menciptakan barang itu sehingga ada untuk anda manfaatkan. Maka dari itu alangkah baiknya kalau kita bisa peka dan berpikir kritis demi peningkatan kapasitas diri masing-masing.

Konsep Internet dan Perkembangannya

Internet dapat diandaikan sebagai sebuah kota elektronik yang sangat besar dan luas. Dimana setiap penduduknya memiliki alamat (internet address) sebagai alamat unik yang dapt digunakan untuk berkirim email atau alamat untuk mengakses suatu informasi. Saat hendak berkeliling kota (surfing) hanya dibutuhkan perangkat elektronik dan aplikasi seperti browser sebagai alat transportasinya.

Definisi internet yaitu interconnected network suatu jaringan di seluruh dunia yang menyimpan berbagai informasi sebagai tempat komunikasi dan transmisi data

Baca Juga Internet dan Teknologi Masa Depan mengupas sejarah internet dan teknologi masa depan

Bermula dari tahun 1960 dalam percobaan untuk menghubungkan sistem komputer menjadi sebuah jaringan yang bisa saling mengakses (sharing). Berkembang menjadi proyek ARPANET (1969) yang merupakan lanjutan dari pengembangan proyek sebelumnya. Berlanjut ke USENET (1979) mengenalkan worldwide broadcast sistem jarak jauh untuk sebuah news group. Disusul oleh kelahiran BITNET  (1981) dengan slogan “Because it’s Time Network” mulai mengenalkan email dan daftar daftar informasi server untuk saling berkomunikasi. Pada masa ini pula dikembangkan sistem dial-up service untuk email dan bisa menghubungkan komputer desktop dengan telepon untuk mendapat internet.

Tahun 1982 ditetapkannya standar transmisi jaringan komunikasi internet atau yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission control protocol/ internet Protocol). NSF (National Science Foundation) menghabiskan sebesar $14 million pada tahun 1987 untuk sebuah kesepakatan manajemen jaringan dan pengembangan selama 5 tahun, bersama IBM, MCI dan Michigan Education Research Information Triad. Tahun  1984 mulai dikenalkan Domain Name Server (DNS) sebagai alamat/ penamaan pada setiap stasiun yang ada di dunia jaringan global. Kemudian diciptakanlah World Wide Web (1990) sebagai cikal bakal website (www). Tahun 1994 sebuah digital video dan audio telah bisa ditransmisikan pada sebuah jaringan internet.

Cara Kerja Internet

Untuk bisa mengakses internet anda harus membeli paket internet terlebih dahulu di perusahaan ISP (Internet Service Provider). ISP akan memberikan IP kepada perangkat internet anda. Setelah dilakukan konfigurasi (setting) sehingga perangkat anda bisa terhubung dengan server ISP. Biasanya koneksi internet yang diberikan ISP tersambung melalui kabel telepon/ fiber optik yang terkubur atau terpasang pada tiang. Pada masing-masing port kabel yang terpasang akan diberikan IP default (biasanya 192.168.1.1) Apa itu port? Apa itu IP Address? silahkan pelajari disini. IP adress bersifat unik (tidak ada yang sama) begitu pula dengan alamat website menyimpan sebuah IP tertentu.

Alamat website menyimpan IP unik, tapi kenapa dengan mengetikan facebook.com atau google.com kita sudah bisa tersambung ke halamannya? Itu semua karena kerjanya DNS (Domain Name System). Sesungguhnya dibalik nama alamat web tersebut merupakan deretan angka-angka dan titik. Seperti IP dari google yakni 74.125.68.105, jika anda akses IP tersebut maka akan mengarah pada halaman google.com. DNS sebagai penerjemah, pengalamatan inilah yang disediakan oleh ISP.

Bagaimana perangkat anda bisa menampilkan informasi yang anda cari? Kita ambil contoh, kita hendak membuka halaman detik.com dari browser smartphone. Saat halaman detik.com diketikan pada browser kemudian di proses, maka server penyedia jasa (isp) akan menerima request anda untuk menampilkan halaman detik.com. Sebelumnya akan dilakukan pengecekan pada router isp memastikan halaman yang anda diakses bukan merupakan halaman yang menyalahi aturan, atau halaman terlarang. Request anda dikirim ke server detik.com, jika direspon maka halaman detik.com akan ditampilkan. Begitulah proses dibalik layar yang tidak tampak dan begitu cepat sehingga dalam hitungan detik halaman detik.com muncul di device anda.

Teknologi internet sudah berkembang pesat. Koneksi tidak hanya dengan kabel tapi sudah ke WIFI (dengan gelombang radio)  dan LIFI. Internet dengan memanfaatkan cahaya (Smart LED light) dengan kecepatan up tp 100 GBps saat ini sedang dikembangkan.

Leave a Reply