Apa itu sitemap

Apa itu sitemap

Sitemap atau peta situs adalah sebuah halaman khusus yang menyimpan semua url/ link beserta meta data dari suatu website. Layaknya seperti daftar isi dari sebuah website. Namun daftar isi ini dibuat dengan format file .xml.

Dalam menjalankan SEO istilah sitemap atau peta situs sering sekali digunakan. Submit sitemap adalah satu teknik yang bisa diterapkan untuk mempercepat indexing. Indexing adalah proses pelabelan untuk memudahkan dalam pengenalan dan pencatatan website baru pada rekam mesin pencari.

Penganalogian sebuah peta situs

Jika dianalogikan sebuah rumah, website adalah rumahnya yang memiliki lokasi rumah (hosting) dan nama rumah (domain name). Dalam sebuah rumah tentu ada isi rumah atau penghuni (konten website). Maka setiap anggota/isi rumah harus didaftarkan agar dikenali oleh lembaga pencatat (mesin pencari). Setiap anggot/isi rumah adalah unik dengan atribut dan metadata sendiri sendiri yang dibawa. Jika sebuah website baru ingin dikenali oleh mesin pencari, maka kirimlah daftar url website ke mesin pencari.

Bagaimana membuat sitemap

Untuk membuat sebuah peta situa dengan format .xml bisa memanfaatkan sebuah tool online generator. Sesuaikan bagian change frequently. Bisa dipilih none, never, daily, weekly, monthly. Ini diisi menyesuaikan seberapa rutin sebuah website melakukan update. Jika website melakukan perubahan setiap minggu bisa dipilih weekly. Bisa disesuaikan dengan kondisi seringnya dilakukan pembaharuan. 

Bagaimana sitemap bekerja

Sitemap yang berupa file .XML menyimpan metadata yang mengijinkan sebuah mesin pencari (Google) untuk melakukan perayapan pada setiap postingan. Dalam suatu proses perayapan mesin pencari akan mampu menemukan halaman sebuah situs dan link di dalamnya bahkan link/url dari situs lain. Peta situs menyimpan data-data link itu dan mengijinkan crawler untuk menjelajah semua url yang ada di dalamnya. Kemudian menganalisa masing- masing link/url dengan menggunakan metadata dan atribut yang menyertai.

 

Bagaimana, cukup jelas kan dengan apa itu sitemap. Mengingat pentingnya agar bisa dikenali dan direkam oleh sebuah mesin pencari, maka jangan lupa submit peta situs website anda ke mesin pencari, terlebih website baru yang belum dikena.

Semoga pemaparan diatas bermanfaat dan mampu membuka pemahaman tentang apa itu sitemap. Sampai jumpa lagi pada artikel artikel SEO lainnya.

Ingin belajar teknik SEO untuk website usaha anda, temukan disini atau ingin meningkatkan rangking sebuah website untuk bisa menempati posisi 1 mesin pencari Google

 

Salam rongrangreng!