Cara optimasi website untuk meningkatkan traffic pengunjung

Cara optimasi website untuk meningkatkan pengunjung adalah topik yang sering dicari para pengelola website. Terlebih lagi apabila anda adalah seorang SEO admin. Mendapatkan traffic atau pengunjung yang tinggi adalah tujuan dari SEO. Nah untuk saat ini bagaimana cara optimasi website anda agar pengunjungnya meningkat, berikut akan dibagikan tips nya

1. Milikilah waktu menulis dan berbagi

Istilah optimasi tidak bisa hanya sekedar kata, namun lebih pada kegiatan pengupayaan. Mengoptimasi website agar bisa menduduki posisi baik di mata pencari tidaklah instan. Ada berbagai strategi dan tindakan optimasi SEO yang harus dilakukan. Dalam usaha optimasi website untuk meningkatkan traffic pengunjung tidak bisa lepas dari kegiatan SEO, apa itu SEO? dan bagaimana menerapkan SEO agar mendapatkan posisi 1 Google bisa anda baca disini.

Kembali pada point tips 1 yaitu memiliki waktu menulis dan berbagi. Benar sekali, konten/ artikel adalah raja dari sebuah website. Konten menjadi satu faktor penting penentu peringkat posisi sebuah website. Cara optimasi website agar mendapat banyak pengunjung adalah menulis konten terbaru kemudian membagikannya. Anda bisa menulis artikel sendiri atau menggunakan jasa penulis artikel. Setelah artikel anda dipublikasikan lakukan hal berikut :

  • Membagikannya ke media sosial. Media sosial adalah tempat potensial untuk berbagi informasi. Anda bisa mendapatkan peningkatan signifikan sesaat setelah membagikan sebuah artikel di media sosial. Terlebih jika artikel yang anda bagikan unik, menarik dan memberi solusi. Media sosial sebagai wahana marketing yang luar biasa
  • Mengirimkan url artikel ke social bookmark. Beberapa social bookmark lokal yang bisa dicoba seperti Delicious dan Digg. Mengirimkan url website kita ke social bookmark juga membantu mempopulerkan website dalam mendongkrak traffic.
  • Gali ide unik dan kreatif lebih banyak lagi. Nenulis konten dengan ide unik, menarik yang banyak diminati masyarakat adalah cara optimasi website untuk mesin pencari. Dalam menulis artikel usahakan topik relevan dengan judul yang sesuai. Pilih keyword potensial yang mengacu pada fokus bahasan. Jangan lupa menambahkan alt image pada setiap gambar yang disisipkan karena ini sangat membantu mesin pencari dalam filtrasi konten.

2. Cara optimasi website dengan membuat internal link

Internal link adalah salah satu cara optimasi website yang cukup ampuh dalam mengenalkan link internal ke mesin pencari. Internal link atau yang juga dikenal dengan achor teks bertugas sebagai pemberi sinyal pada robot pencarian untuk menunjuk konten yang memiliki relevansi. Dengan adanya internal link juga membuat pembaca betah untuk mencari tahu banyak dan lebih banyak lagi informasi di sebuah website. Hal ini berpengaruh pada tinggi rendahnya bounce rate suatu website.

Baca juga pengaruh bounce rate terhadap SEO website

3. Cara optimasi website dengan Link building

Untuk menerapkan link building, lakukan hanya pada backlink berkualitas. Backlink dari 10 website berkualitas mampu mengalahkan website dengan backlink ratusan namun level biasa. Perhatikan situs yang hendak dijadikan backlink, baik dari sisi ranking alexa, PA dan DA nya. Jangan asal pasang link, pastikan website memiliki relevansi, atau dala kategori yang sama.

4. Memiliki peta situs / sitemap

Peta situs atau sitemap dapat dibuat menggunakan sitemap generator. Hasil generate kemudian diupload ke server web (hosting) dan kemudian dipanggil melalui webmastertool. Keberadaan sitemap akan membantu perayapan pada website anda. Buatlah 2 versi peta situs versi statis dan xml. Untuk versi xml anda bisa gunakan tool online generator. Untuk versi statis bisa dibuat dengan halaman html yang menyimpan semua link pada sebuah website. Ini seperti daftar isi suatu website.

5. Cara Optimasi website dengan memperhatikan faktor penting pada artikel.

 

Beberapa faktor penting yang harus anda perhatikan terkait menulis artikel yang baik untuk SEO diantaranya :

1. Hindari duplikasi konten

Jika anda sering menerima warning akan adanya indikasi duplikat konten, siagalah karena jika anda tidak bertindak kemungkinan untuk turun SERP sangat besar. Duplikat konten adalah hal buruk yang sangat cepat menurunkan nilai website anda. Tulislah artikel dengan judul dan deskripsi yang unik. Untuk mendeteksi adanya aktivitas plagiat anda bisa melakukan cek pada setiap artikel menggunakan tool plagiarism checker. Ingat jangan coba melakukan praktek copy paste. Mesin pencari tidak suka itu

2. Perhatikan fokus kata kunci 

Kata kunci/ keyword adalah sebagai penentu ditemukannya website anda. Kata kunci memiliki peran dalam merumuskan hasil suatu pencarian yang relevan. Buatlah kata kunci yang biasa digunakan masyarakat dalam pencarian. Kata kunci adalah kata atau frase mewakili sesuatu yang dicari atau ingin diketahui masyarakat. Tentukan kata kunci fokus yang akan menjadi sasaran pencarian. Dipadukan dengan tail keyword.

3. Judul dan deskripsi artikel

Judul tulisan wajib menampilkan fokus kata kunci. Tentukan fokus kata kunci diikuti dengan tail keyword atau kata kunci pengikutnya. Dalam penulisan deskripsipun begitu. Fokus kata kunci harus muncul beberapa kali. Tampilkan di beberapa bagian paragraf secara merata dan tidak terlalu berlebihan. Pastikan density kata kunci tidak melebihi batas normal 2,5%. Idealnya sebuah artikel mengandung 300 kata dengan fokus kata kunci bisa muncul sebanyak maksimal 9 kali. Website wordpress base bisa coba yoast SEO untuk memantau dan membantu dalam tingkatkan skor SEO.

4. Header tag

Dalam menentukan daftar kedalaman pencarian, anda harus menerapkan header tag, H1 kemudia sub H2,H3 dan seterusnya. Tulisan artikel anda harus memiliki pilahan atau struktur isi yang jelas, ini penting bagi mesin pencari dalam perambatan sampai konten relevan ditemukan kemudian ditampilkan. Cara optimasi website dengan menerapkan header tag yang baik pada website membantu meningkatkan reputasi sebuah web.

5. Ringkasan konten

Dalam menulis artikel biasakan membuat ringkasan konten untuk deskripsi. Normalnya ringkasan ini terdiri dari 156 kata. Maksimalkan penulisan ringkasan ini, jangan lupa masukan kata kunci didalamnya untuk menguatkan kualitas artikel. Penting diketahui bagaimana membuat konten SEO yang berkualitas untuk bisa bersaing di mesin pencari.

6. Navigasi internal link

Setiap halaman artikel harus menyimpan paling tidak 1 internal link navigasi. Ini memudahkan mesin pencari dalam menemukan keterkaitan antar konten. Spider pencari akan dapat dengan mudah menemukan link terkait yang terdapat dalam internal website.

Selamat mencoba, jangan pernah berhenti untuk belajar

 

salam rongrangreng!