Content management system atau CMS adalah

Content management system atau CMS adalah

CMS adalah kependekan dari Conten Management System jika diartikan dalam bahasa Indonesia akan menjadi sistem manajemen konten. Apa itu CMS, apa saja contoh CMS, kelebihan dan kekurangannya apa? Temukan jawabannya disini

CMS adalah?

CMS adalah sistem aplikasi manajemen konten berbasis web yang ditawarkan dalam satu paket. Kehadiran CMS sebagai satu paket kode terstruktur yang lengkap menawarkan kemudahan bagi developer dalam membuat sebuah website. Membangun website dengan CMS cukup mudah. Tinggal mengikuti instruksi instalasi maka sistem akan berjalan. Orang awam yang tidak memiliki pengetahuan html dan pemrograman pun bisa membuat website dengan CMS. 

CMS adalah sistem terstruktur yang dalam penataan data/filenya jelas. Setiap elemen terkelompokan dengan baik antara database, tampilan muka dan tampilan back-end. Seseorang yang bahkan baru pertama kali mencoba membuat website pasti akan cepat memahami bagaimana CMS bekerja. Fitur kemudahan add, edit, delete bisa dimanfaatkan, tanpa bingung memikirkan coding dan script script html.

Kemudahan dan flexibilitas sistem ini membuat semakin tingginya minat pengguna CMS. Pengembang situs/ developer lebih tertarik melakukan pengembangan pada CMS daripada membuat aplikasi web yang baru. CMS adalah sistem terpadu yang dengan mudah dapat membantu anda untuk membuat sebuah website. Membuat company profile, website usaha, online shop, portal, gallery, berita, bisnis sampai personal website bisa dengan mudah dibuat dengan CMS.

Adapun contoh-contoh CMS yang populer dan sering digunakan oleh pengembang website

1. CMS wordpress

WordPress cms adalah platform berbasis web yang user friendly. Penggunaan wordpress saat ini tidak hanya sebatas source code  dan tampilan yang mendukung untuk sebuah blog, namun sudah berkembang sampai pembuatan online shop, situs-situs ecommerce, situs portal, berita dan sebagainya. Pilihan tema wordpress juga banyak. Ada yang berbayar dan gratis. Yang free tidak kalah bagus untuk menciptakan sebuah website bisnis yang profesional.

Perkembangan CMS wordpress semakin hari semakin baik melihat meluasnya sebaran anggota komunitas pengembangnya. Plugin yang ditawarkan semakin banyak dengan performa yang baik. Berbagai pengembangan dan inovasi baru dapat anda tampilkan pada sebuah website yang dibuat menggunakan CMS wordpress. Tertarik ingin mencoba membuat website dengan WordPress? Download CMS nya disini. Kemudian temukan panduan membuat website dengan CMS wordpress disini

2. Joomla

Joomla memiliki sistem manajemen yang lebih rumit jika dibandingan dengan wordpress. Namun Joomla bisa dikatakan sebagai powerfull CMS, karena flexibilitas dan kemudahan perawatannya (maintenance). CMS Joomla terdiri dari modul-modul terpisah yang dapat dengan mudah dikembangkan dan diintergrasikan kembali. Untuk Fitur plugin sudah mencapai 1800 plugin yang dimuat pada laman resmi Joomla.

3. Prestashop, Opencart, Magento

Tersebut 3 CMS adalah aplikasi berbasis web khusus untuk pembuatan website ecommerce dan penjualan online. Fitur-fitur yang dihadirkan memang didesign untuk sebuah website ecommerce. Semakin hari semakin tinggi penggemar CMS ini, terlebih magento adalah CMS baru yang cocok untuk memulai sebuah website penjualan online. Tingginya minat pelaku usaha untuk mengonline-kan usahanya menjadikan cms ini semakin berkembang dan terus berinovasi. Sayangnya pengguna Opencart kini mulai beralih ke Magento, karena kurangnya dukungan sruktur SEO yang baik.

Apa itu SEO? ketahuilah pentingnya strategi SEO dalam membangun bisnis online

4. Drupal

CMS Drupal memiliki karakteristik tersendiri. Walaupun tidak memiliki design sebagus WordPress atau Prestashop namun CMS ini banyak penggemarnya. Drupal CMS adalah sistem berbasis web yang mudah di custumize dengan modul modul terpisah. Cocok untuk anda yang ingin membangun sebuah website portal, forum online dan website komunitas.

5. Moodle

Hayoo apa kalian kenal CMS satu ini? terdengar asing? Moodle CMS adalah paket aplikasi web yang sering digunakan di instansi pendidikan. Pengaplikasiannya cocok untuk membangun e-learning. Moodle mendukung fitur online test, forum, upload download, chat yang memang mendukung sebuah website E-learning. Konfigurasi dan manajemennya sedikit sulit jadi diperlukan pemahaman untuk membuat situs dengan Moodle.

 

Kelebihan dan Kekurangan menggunakan CMS adalah

Membangun website menggunakan CMS tentun memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Berikut terangkum apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan CMS adalah:

Keuntungan

  • Waktu pembuatan lebih cepat tentunya karena tidak perlu merancang, mengkoding dan mendesign database dari awal, karena cms adalah satu paket lengkap.
  • Ketersediaannya yang gratis dan beberapa yang open source. Dari sisi nilai ekonomi tentu menguntungkan. Kemudahan dan flexibilitas dari CMS dapat kita manfaatkan dengan cuma cuma. Siapa yang tidak mau?! Ini mengapa pengguna CMS meningkat.
  • Manajemennya yang mudah. Panduan bisa didapat dengan mudah diinternet.
  • Pilihan tampilan/ template yang semakin hari semakin baik baik yang gratis maupun berbayar. Performa tampilan semakin maksimal dan paham akan selera pengguna yang beragam.

Kerugian

  • Untuk membangun webite kecil, penggunaan CMS adalah hal yang berlebihan. Karena CMS juga membutuhkan space yang cukup di hosting. Namun jika website yang anda bangun bersekala besar untuk bisnis dan enterprise beberapa fitur memang belum terintegrasi.
  • Keterbatasan fitur dan function, sehingga website tidak bisa dibuat seperti yang benar-benar diinginkan oleh pembuat.
  • Akan ditemukan website lain dengan fitur, tampilan mirip bahkan sama. Tidak heran karena tingginya pengguna CMS dalam membangun website.

Bagaimana sudah jelas kan apa itu CMS, beberapa contoh CMS juga sudah anda kenal. Keuntungan dan kerugiannya pun anda telah ketahui. Dari sisi pandang saya pribadi sejauh ini CMS adalah platform yang cocok dan mudah untuk dikonfigurasi dan dimanajemen. Bagi anda yang tertarik membuat website sendiri bisa coba CMS. Ingat ketahui dahulu hal-hal yang anda butuhkan untuk membuat website

 

Semangat berkarya
Salam rongrangren!

One thought on “Content management system atau CMS adalah

Comments are closed.