Hal penting yang harus anda ketahui sebelum memulai bisnis online

Hal penting yang harus anda ketahui sebelum memulai bisnis online

Ingin membangun bisnis online, pelajari hal ini terlebih dahulu

Teknologi membantu perkembangan industri era digital. Terlebih dapat kita rasa pada penerapan teknologi di bidang perdagangan. Berbelanja bisa dilakukan tanpa perlu tatap muka langsung. Penggiat usaha perdagangan jaman sekarang rasanya kurang klik jika belum memiliki fitur kemudahan berbelanja secara online. Pemesanan dapat dilakukan dengan mudah, proses pembayaran gampang dan barang dihantarkan ke alamat pembeli dengan aman. Masyarakat sekarang lebih cenderung memilih jalan yang lebih praktis dan mudah. Beginilah pergeseran gaya hidup masyarakat era digital.

Apa anda berminat memulai usaha bisnis online? Jika dilihat dari trend, dari tahun ke tahun perkembangan bisnis online meningkat tajam. Tidak bisa dipungkiri karena bisnis online memang membantu dalam kegiatan perdagangan. Sebelum anda memutuskan untuk memulai berbisnis online, ada baiknya pelajari hal-hal berikut, penting untuk dijadikan pedoman

  • Ide Bisnis

Sebelum melangkah lebih jauh, satu pertanyaan untuk anda. Apakah sudah terbayang bisnis online apa yang akan anda geluti? Mungkin dari sejauh hari anda sudah berpikir dan menganalisa tentang “bisnis online apa yang cocok untuk anda? produk apa yang kira kira laku di pasaran?”. Disiniliah pertama perlu dirumuskan ide bisnis. Ide bisnis sendiri adalah sekumpulan pemikiran yang berhubungan dengan bisnis yang masih berada dalam benak anda.

Ide bisnis itu bisa datang dari mana saja. Dengan membaca, menganalisa ataupun spontan tiba tiba mendapat ilham ide bisnis yang bagus. Ide itu banyak dan mudah didapat jika anda mau kreatif. Memiliki ide yang baik itu sudah biasa, namun jika anda memiliki ide unik itu baru luar biasa. Yang menjadi fokus ide bisnis saat ini adalah bukan ide biasa yang baik tapi ide unik yang trend.

Jika saat ini anda sudah menjalankan bisnis online, hal yang perlu anda ketahui adalah media bisnis online apa yang akan digunakan, seperti website, sosial media, blog ataupun toko online/ marketplace.

Tuangkan semua ide anda pada media yang mudah untuk anda lihat, seperti kertas atau note di handphone anda. Buat list khusus untuk setiap ide yang muncul. Setelah semua ide terkumpul. Lakukan filtrasi pada ide ide tersebut. Gunakan pertimbangan pertimbangan sebelum mengeliminasi daftar ide. Seperti dengan mengajukan pertanyaan, “apakah bisnis ini unik?”, “apakah bisnis ini menjanjikan?” Dan rangkaian pertanyaan lain harus dimunculkan untuk menanyakan diri anda sendiri tentang ide anda tersebut. Sebagai calon pelaku bisnis online anda secara pribadi yang pertama harus mampu meyakinkan diri mampu mengeksekusi ide itu dengan baik. Tanpa adanya percaya diri dan keyakinan, seberapa bagus dan unikya ide itu tidak akan bisa berjalan optimal.

  • Produk

Memilih produk untuk dipasarkan online susah susah gampang. Berbisnis online tidak selalu menjual barang, jasa pun dapat anda tawarkan, seperti jasa membuat design, jasa menulis dan lainnya. Anda bisa juga menyediakan jasa copywriting, menulis kata kata menjual yang mampu menghasilkan jutaan. Jika yang ingin anda pasarkan adalah produk atau barang nyata yang bisa diraba dan disentuh. Pastikan produk yang anda jual adalah produk yang dibutuhkan masyarakat. Produk anda adalah barang legal yang memiliki manfaat. Dalam memilih produk yang tepat, gunakan pertimbangan pertimbangan berikut;

  1. Bagaimana dengan merk produk yang akan anda jual? Sudah lumrah dimasyarakat atau merupakan merk baru yang belum dikenal.
  2. Untuk menarik peminat yang tinggi, pilihlah produk produk yang mampu mengobati rasa sakit masyarakat/ produk yang menjawab banyak keluhan dan masalah di masyarakat.
  3. Pilihlah produk yang menarik yang biasa digunakan di masyarakat, produk produk yang memiliki kualitas bisa diandalkan.
  4. Anda bisa gunakan pengalaman dan pengetahuan anda terhadap suatu produk untuk direkomendasikan ke masyarakat.
  5. Temukan produk yang mampu menembus kesenjangan. Level produk tidak hanya yang berharga mahal namun sediakan produk lain atau produk paket kecil untuk bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.
  6. Manfaatkan trend
  • Strategi

Strategi itu penting untuk tetap mengarahkan bisnis anda pada trek yang tepat. Paling tidak perencanaan terbaik telah disiapkan. Bisnis tanpa strategi biasanya tidak mampu berusia panjang. Maka dari itu pahamilah strategi strategi bisnis sebelum membuka bisnis online.

Strategi mempertahankan eksistensi dengan promosi dapat dilakan secara gratis maupun berbayar. Adapun strategi pemasaran yang bisa anda lakukan

1. Promosi gratis. Dengan cara ini tentu diperlukan waktu dan pemikiran yang tidak sedikit. Untuk jaminan hasil juga menyesuaikan dengan kegigihan anda. Tidak sedikit yang gagal karena tidak yakin dan cepat menyerah di tengah jalan. Promosi gratis ini bisa dilakukan dengan hanya bermodal internet dan penawaran yang menarik. Baca juga bagaimana Teknik Promosi untuk tingkatkan profit.

2. Promosi berbayar. Cara ini praktis hanya tinggal bayar bisnis berjalan, namun diperlukan kemampuan berspekulasi dan menganalisa yang baik. Jangan sampai dana promosi yang dikeluarkan tidak sebanding dengan profit yang didapat. Jika hal itu terjadi berarti iklan anda tidak efektif. Gunakan teknik copywriting untuk membuat penawaran menarik hingga konsumen tidak bisa menolak penawaran anda

  • Calon Pembeli

Menentukan siapa konsumen anda perlu dirumuskan. Target konsumen bisa diidentifikasi dari beberapa aspek, diantaranya : usia, jenis kelamin, minat, kategori, bahasa, pendidikan, koneksi dan juga lokasi. Semakin jelas siapa target konsumen anda, promosi yang anda buat bisa semakin efektif. Faktor eksternal dan internal juga sangat mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan. Faktor eksternal seperti : budaya, kelas sosial, kelompok, keluarga dan lingkungan sekitar. Sedangkan faktor internal lebih mengacu pada pengalaman dan psikologi konsumen,  seperti pengalaman, kepribadian, sikap perilaku dan keyakinan. Dengan mengetahui karakter masyarakat dan lingkungannya, anda dapat menghubungkan produk dengan penawaran yang tepat.

  • Modal

Untuk modal bisnis online cenderung lebih sedikit dibandingkan bisnis offline. Terpenting untuk dilakukan ialah tekun dan yakin dalam menjalankan usaha. Berbisnis online memberi banyak keuntungan, diataranya: mampu mengatasi batasan geografi, dapat dilakukan dengan modal terbatas, dapat dipelajari autodidak dengan resiko yang lebih ringan, jangkauan konsumen yang luas, memiliki efisiensi waktu dan biaya, dapat menampilkan harga pembanding dengan cepat dan yang lebih utama lagi anda menjadi bos atas usaha anda sendiri.

Alternatif lain jika memang modal besar diperlukan, anda bisa mencoba mengajukan kerjasama atau meminjam ke bank. Dalam membangun bisnis modal bukanlah alasan anda  untuk tidak memulai. Menjalankan bisnis online modal tertinggi adalah niat dan keyakinan.

Bisnis online itu menyenangkan jika anda sudah mengetahui celahnya. Mulailah dari sekarang, belajar dan temukan berbagi cara terbaik dalam menjalankan bisnis online yang sesuai untuk anda. Bisnis online bukan tanpa resiko, tapi resikonya bisa diminimalisir dengan usaha yang lebih besar, belajar lebih banyak dan keyakinan yang lebih kuat. Dengan ini maka perlahan anda akan menjadi ahli bisnis online.

Baca juga Meraih Profit Puluhan Juta dari Kata Kata Menjual

Salam rongrangreng

Leave a Reply