Internet marketing itu apa sih?

Internet marketing, digital marketing, online marketing adalah beberapa istilah pemasaran dunia global. Sepintas istilah diatas sama karena mengandung arti melakukan promosi, menyebarkan informasi untuk mencapai pasar. Namun ketahuilah istilah istilah itu memiliki cakupan makna yang berbeda-beda.

Digital marketing adalah segala kegiatan memasarkan produk/jasa yang memanfatkan perangkat digital dan saluran digital. Yang dimaksud dengan perangkat digital ada kamera, laptop, PC, handycam, smartphone, tablet dan perangkat elektronik digital lainnya. Sedangkan saluran digital meliputi website, sosial media, platform promosi online, pasang iklan online, pemasaran mobile dan email. Saluran digital dikenal sebagai media online itu sendiri, yaitu wahana atau jalur pendukung agar kegiatan digital marketing dapat terlaksana. Kegiatan digital marketing sebagai teknik pemasaran baru dengan memadukan karya digital kreatif dan internet untuk mencapai target pasar.

Apa itu Internet marketing?

Internet marketing secara sederhana dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran online lewat internet. Apapun pemasarannya jika menggunakan internet maka dapat disebut internet marketing. Mulai dari broadcast promosi di media sosial, broadcast email penawaran promo sampai pada memperbahui katalog website usaha. Dapat dikatakan bahwa kegiatan internet marketing adalah bagian dari digital marketing. Cakupan sebuah kegiatan pemasaran tidak sebatas menjual produk/ jasa lewat internet, termasuk juga promosi, branding dan pelayanan kepada konsumen secara online. 

Internet marketing adalah kegiatan yang memanfaatkan internet dalam mengembangan usaha dan promosi. Tidak sebatas pada meng-online-kan usaha dan brand nya namun juga mengacu pada kegiatan analisa dan perumusan strategi-strategi pemasaran online yang lebih baik. Sebagi contoh, seorang pelaku bisnis offline ingin menerapkan marketing online untuk bisnisnya dengan media sebuah website. Si pemilik usaha membangun website, mengisi website dengan baik dengan konten produk/jasanya kemudian memperkenalkan pada dunia global. Ini adalah kegiatan meng-online kan usaha. Agar bisa mencapai penerapan internet marketing efektif tentu ada strategi dan analisa lainnya yang harus dilakukan.

Seperti apa strategi Internet marketing yang baik?

Pemasaran internet/ internet marketing merupakan bagian dari digital marketing jika dijalankan secara efektif dan maksimal akan mampu membantu pencapaian profit bisnis anda. Adapun elemen internet marketing yang harus anda ketahui, sebelum menjalankan pemasaran internet:

  1. Media online

    Yang dimaksud sebagai media online yaitu website adalah halaman online tempat menampilkan informasi bisnis anda. Sebuah website harus didesign menarik dan responsive. Informasi ditampilkan biasanya kombinasi dari gambar, text dan video. Adapun berbagai manfaat memiliki website untuk bisnis anda, temukan disini.

  2. SEM. 

    SEM (Search Engine Marketing) adalah strategi memasarkan media online website kita ke search engine (seperti Google). Sebagian besar user meggunakan search engine untuk membantu dalam menemukan sesuatu di internet. Ini mengapa kita perlu menerapkan SEM pada website yang kita miiki. Kegiatan mengopimasi sebuah website untuk seach engine dikenal dengan SEO (Search Engine Optimazation)

  3. Email marketing. 

    Email marketing dapat menjadi elemen ampuh dalam kegiatan internet marketing. Anda bisa lakukan direct email maupun broadcast email ke konsumen pontensial. Melalui email broadcast diharapkan dapat menjadi feedback konsumen untuk melakukan transaksi. Temukan strategi marketing door to door dengan email

  4. Banner advertising

    Memasang iklan banner pada media online merupakan elemen penting dari kegiatan internet marketing. Iklan banner dibuat singkat dengan penawaran menarik. Iklan banner ampuh untuk memancing daya ingin tahu pengunjung untuk mengekspolari lebih. Banner selain menampilkan gambar juga menampilkan kata kata penggugan. Pelajari teknik copywriting untuk membuat kata-kata menjual yang berprofit tinggi.

  5. Artikel marketing

    Artikel adalah elemen pendukung internet marketing yang tidak bisa dikesampingkan. Banyak yang bilang bahwa konten/ artikel adalah raja. sebuah website tidak dapat dikatakan media online yang baik jika tidak mengandung konten yang cukup dan berkualitas. Artikel marketing adalah salah satu strategi untuk mendatangkan traffic pengunjung yang tinggi dengan menyajikan informasi berkualitas.

  6. Sosial media marketing

    Tingginya pengguna sosial media mewajibkan seorang internet marketer untuk melakukan sosial media marketing. Ingin tahu seperti apa kekuatan maketing di sosial media, temukan disini

 

Apa tujuan internet marketing? 

Kegiatan pemasaran baik offline maupun online tentu bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan mendapat profit. Perubahan lifestyle masyarakat era digital membangunkan kita bahwa keberadaan internet dapat sebagai penggerak kegiatan promosi, penjualan dan komunikasi yang lebih mudah. Untuk mencapai target pasar yang lebih luas maka terapkan internet marketing pada bisnis anda. Ingin membangun brand agar dikenal dan menjadi populer, maka lakukan internet marketing dipadukan dengan digital marketing.

Bagaimana sudah jelas tentang apa itu internet marketing. Ingat, kegiatan pemasaran lewat internet tidak hanya sebatas memiliki media online seperti website, namun juga diperlukan analisa, pantauan dan pengembangan strategi pemasaran untuk mencapai target profit yang diharapkan.

Baca juga : Hal penting yang harus anda ketahui sebelum memulai bisnis online

 

Salam rongrangreng!