Internet dan Teknologi Masa Depan

Internet dan Teknologi Masa Depan

Internet dan Masa Depan

Internet dan dunia modern merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan. Jaringan Internet berkembang dengan begitu pesat mengiringi perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih. Sebagian besar orang kini mengandalkan teknologi untuk membantu kehidupan sehari-hari. Dengan teknologi, masyarakat modern tidak pusing lagi dengan pekerjaan yang rumit. Teknologi canggih dan Internet telah menjadi sesuatu yang wajib dalam kehidupan sehari hari. Hidup tanpa internet itu terasa hampa dan buta.

Tapi apakah kalian masih ingat bagaimana awal mula internet ditemukan? serta bagaimana prediksi teknologi dan internet masa depan? Melalui artikel singkat ini mari kita kembali mengingat sejarah dan membuka mata untuk melihat masa depan.

Sejarah Internet

Leonard Kleinrock yang dikenal dengan sebutan bapak internet merupakan seorang insinyur yang menemukan internet itu sendiri. Laki-laki kelahiran Harlem, New York City Amerika 13 Juni 1934 ini telah mengantongi berbagai penghargaan salah satunya Charles Stark Draper Prize pada tahun 2001 untuk pengembangan internet.

Penemu sekaligus ilmuwan asal Amerika serikat ini juga telah melahirkan buku yang berjudul Queueing systems.
Setelah menyelesaikan kuliahnya, Leonard Kleinrock bergabung sebagai pengajar di Universitas California Los Engeles (UCLA). Leonard menjabat sebagai profesor ilmu komputer untuk jurusan teknik dan Sains terapan. Disinilah ketertarikannya dengan system jaringan komputer semakin tinggi hingga terlahirlah penemuan besarnya yaitu internet.
Makalahnya yang berjudul “Ilmu Jaringan Komputer” memaparkan tentang kemungkinan terjadinya pertukaran paket data antara satu perangkat komputer ke perangkat lainnya melalui sebuah jaringan besar yang bersifat global. Teknik pemecahan paket data digital yang bisa dikirim lewat sebuah jaringan komputer akhirnya ditemukan. Penemuannya diimplementasikan pada jaringan komputer yang dibuat oleh Advance Research Project Agency (ARPA) dari departmenen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 dengan sebutan ARPANET.

Percobaan transimi pertama dilakukan oleh seorang mahasiswa programmer Charley Kline pada tanggal 29 Oktober 1969. Sebuah transmisi kata dikirimkan dari UCLA ke Stanford Research Institute yang juga merupakan tempat pengembangan ARPANET. Percobaan pengiriman kata “LOGIN” dilakukan namun sambungan hilang tepat sebelum huruf “G”, jadi hanya 2 huruf yang tampil “LO” pada layar komputer di Stanford Research yang berjarak 314 mil.
Walau percobaanya tidak berhasil sempurna, namun dapat dipastikan transimi data dapat dilakukan. Semenjak setelah itu pengembangan-pengembangan di ARPA semakin dioptimalkan bahkan mendapat tanggapan luar biasa dari pemerintah lewat sebuah program National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

ARPANET

Pada Oktober 1962 J. C. R Licklider memimpin program penelitian komputer ARPA (Departemen Pertahanan Amerika Serikat). Bermula dari konsep awal “Gelatic Network”. Gelatic Network pertama kali dikemukakan oleh Licklinder dari MIT Massachutts Institute of Technology pada Agustus 1962. Dalam temuannya ia mengemukanan tentang bagaimana jaringan global dapat memungkinkan orang untuk mengakses data dan program dari mana saja. Berbagai pengembangan dilakukan untuk penyempurnaan bentuk jaringan sehingga semua teratur pada suatu standar yang saat ini kita kenal dengan istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol)
Awal mula dibangunnya proyek ini yakni untuk kepentingan militer. Departement Pertahanan Amerika serikat menciptakan system jaringan komputer yang menyebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir dan menghindari informasi yang terpusat. Namun kala ini perkembangan penggunaan internet sudah beragam tidak sebatas media informasi, namun juga telah berkembang menjadi media komunikasi, media promosi, bisnis, kegiatan ekonomi, politik dan bidang lainnya.

Prediksi masa depan Teknologi dan Internet 

Berkembangnya internet dari waktu ke waktu membawa perkembangan teknologi masa depan yang semakin canggih. Memprediksi masa depan sudah sering dilakukan dari jaman dahulu. Prediksi dilakukan memalui ramalan, membaca langit, membaca alam dan berbagai cara lainnya. Salah satu prediksi dalam perkembangan teknologi telah dilakukan tidak lepas dari kacamata kita melihat perkembangan teknologi masa kini.

Berikut terangkum teknologi masa depan yang akan menjadi hal umum dalam beberapa tahun mendatang

  • Tampilan Holografis.

    Keyboard proyeksi merupakan salah satu kesuksesan dalam tampilan holografis. Salah satu perusahaan di California bernama Ostendo kini sedang mengembangkan chipset yang mampu memproyeksikan video pada bidang diagonal sebesar 48 inch. Dalam proyek proyek pengembangan ini diharapkan mampu membuat gambar yang lebih kompleks. Pengembangan fitur interface holografis 3D dan 2D juga akan diterapkan pada smartphone.

  • Teknologi 4K (Ultra High Definition)

    Dari survei yang baru-baru ini dilakukan oleh operator satelit Intelsat, menyatakan 2/3 responden memprediksi bahwa 4K akan menjadi hal yang umum dalam 5 tahun kedepan. Dewasa ini konten resolusi 4K masih sulit didapatkan untuk ditampilkan pada display 4K. Perkembangan teknologi 4K juga harus mempersiapkan standar proteksi keamanan konten mengingat riskan terjadinya pembajakan.

  • Virtua Reality

    virtual reality tidak hanya diaplikasikan pada game. Berbagai bidang lain juga dapat memanfaatkan teknologi ini seperti bidang medis, pendidikan, arsitektur dan sebagainya. Kendala besar yang sedang dihadapi yakni pada kemampuan kecepatan alat dalam menciptakan gambar agar sesuai dengan gerak pengguna.

  • Beberapa Device dengan Satu Sistem

    Gadget masa depan tidak lagi ditentukan oleh ukurannya ataupun sistem operasi yang digunakan. Perbedaan antara smartphone, tablet dan laptop jadi semakin tidak terlihat. smartphone berukuran tablet, tablet berukuran smartphone atau laptop dengan tampilan smartphone. Posisi smartphone, laptop, tablet adalah setara yakni sebagai otak dari ekosistem komputer. beberapa contoh yang saat ini sudah ada yakni microsof surface pro, lenovo yoga dan asus transformer.

  • Internet Global

    Jika internet telah dianggap sebagai hak asasi manusia, bagaimana dengan masyarakat di pegunungan dan daerah terpecil yang belum terjamah jaringan? Jangan salah, kabar baiknya Google dengan proyek Loon sedang mengembangkan cara pengiriman jaringan nirkabel dengan kecepatan 3G ke daerah-daerah terpencil. Google juga berencana untuk mengirim 180 satelit yang akan mengorbit bumi dan memancarkan internet ke wilayah-wilayah berkembang.

Berkembangnya teknologi masa depan tentu memiliki sisi baik dan buruk. Internet dengan berbagai inovasi teknologi telah mampu membantu berbagai persoalan kehidupan. Namun hal ini juga berdampak kurang baik pada tradisi dan budaya kehidupan kita. Sebuah peradaban digital baru akan dibentuk.

Leave a Reply