Marketing Door to Door di Media Sosial

Marketing Door to Door di Media Sosial

Pelaku marketing dengan pakaian rapi berdasi membawa tas dan selebaran berkeliling komplek kerap kita jumpai. Mereka mengetuk satu pintu ke pintu lainnya. Saat dipersilahkan masuk mereka akan mempresentasikan produk atau jasa yang dijualnya. Dalam waktu yang singkat seorang pelaku marketing harus mampu memaparkan produk/ jasanya kemudian berusaha mempengaruhi calon pembelinya dg kalimat persuatif. Itulah gaya pemasaran konvensional yang masih diterapkan di jaman sekarang.

Di dunia internet anda-pun bisa melakukan marketing door to door tanpa harus capek keliling kompleks. Cukup duduk manis dihadapan komputer/ laptop anda kemudian lakukan aktivitas marketing dengan klik dan ketik.

Adapun trik yang akan saya bagikan terkait marketing door to door di dunia online. Baik itu dengan media sosial yang begitu populer maupun dengan email marketing. Tentunya kegiatan marketing ini tidak lepas dari pemanfaatan kemajuan teknologi dan trend.

Marketing Door to Door dengan Media Sosial

Media sosial yang kita kenal saat ini ada banyak sekali. Facebook, instagram, twitter, youtube,  google plus dan lainnya. Media sosial dapat sebagai media marketing efektif saat ini jika anda tahu bagaimana memanfaatkannya. Tahu kah anda hastag #? Atau mungkin anda sudah sering memakai tanda hastag saat membagikan suatu di timeline. Hastag biasanya dipakai untuk memberi label khusus terhadap topik tertentu. Penggunaan hastag membantu anda untuk melakukan marketing. Sebab facebook dan twitter memanfaatkan hastag dalam menemukan hasil pencarian yang diinputkan oleh pengunjung.

Pergunakan fasilitas pencarian ini untuk mengetahui berbagai masalah yang sering dibagikan oleh masyarakat di media sosial. Kita ambil contoh dalam pencarian #rambutrontok. Dalam hitungan detik hasil pencarian rambut rontok akan muncul. Dari sini anda dapat melihat konsumen potensial yang bisa anda sasar untuk ditawarkan produk anti rambut rontok. Ini salah satu kasus jika anda adalah marketer dari produk perawatan rambut.

Anda dapat menemukan berbagai masalah sehari hari di masyarakat. Hadirlah sebagai pemberi solusi. Ini yang namanya teknik pemasaran efektif. Teknik tepat sasaran, karena orang yang anda sasar adalah orang orang sedang membutuhkan solusi terbaik. Dengan begini barang/ jasa anda lebih potensial untuk di beli. 

Dalam kegiatan marketing seperti ini jangan pergunakan akun personal anda untuk menjalankan agen pemasaran. Registrasilah akun baru dengan nama perusahaan atau nama produk yang dipasarkan. Dengan begini orang tidak was was, karena jelas mereka bisa menghubungi kita dimana. Komunikasi menjadi lebih leluasa.

Strategi publikasi konten dan komunikasi di media sosial juga penting. Jangan melulu tentang penjualan dan promo dan produk yang mungkin orang sudah bosan lihat. Kombinasikan konten media sosial anda dengan konten konten edukatif dan inspiratif. Seperti contoh, jika anda adalah tenaga pweemasar untuk produk perawatan rambut, sekali waktu bagikan tips menarik seputar perawatan rambut. Kegiatan tidak melulu tentang menjual produk. Tampilkan gambar dan video untuk menghilangkan kejenuhan followers.

Marketing Door to Door dengan Email

Kumpulkan daftar email valid yang bisa anda dapatkan dari majalah, tabloid atau yellow book. Kirimlah email kepada mereka secara personal. Jika anda tidak mengetahui nama orang yang dituju bisa dituliskan kepada GM ataupun direktur perusahaan. Sampaikan tujuan email anda lengkap dengan informasi profile perusahaan. Detail informasi yang hendak anda sampaikan bisa disisipka pada file pdf yang nantinya dapat dipelajari lebih detail. Sertakan alamat website, nomer telepon yang bisa dihibungi untuk memudahkan komunikasi selanjutnya.

Jika terasa capek dengan mengirim email satu persatu anda bisa pergunakan software / program pengiriman email massal (newsletter). Bisa download aplikasinya dengan yang gratis ataupun berbayar. Layanan berkirim email massal ini menggubakan mailchimp[dot]com. Pada satu sesi pengiriman agar tidak lebih dari 20 alamat email. Setelah pengiriman sesi pertama selesai berikan jeda 30 sampai 1 jam untuk menghindari anggapan kegiatan spammer.

Demikianlah sedikit tips melakukan marketing door to door untuk dapat menemukan pelanggan potensial. Tanpa capek jalan kaki anda bisa tetap melakukan promosi barang/ jasa anda. Silahkan ditelaah dan ditimbang timbang sekiranya tips diatas dapat menginspirasi anda. Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk semua.

Baca juga : Teknik teknik pemasaran di media sosial

Trend digital marketing masa depan

Salam rongrangreng!

 

Leave a Reply