Mudah dan Gampang Bikin Landingpage Bisnis

Mudah dan Gampang Bikin Landingpage Bisnis

Berbisnis online tidak hanya membutuhkan media sosial untuk sarana promosi. Jika Anda memang serius ingin mendapatkan penghasilan yang memadai dari bidang ini, meningkatkan level bisnis online Anda adalah keharusan. Salah satunya melalui landingpage atau website.

Landingpage merupakan website yang didesain khusus sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan memiliki peran untuk mengumpulkan leads untuk bisnis. Misalnya saat Anda membuat iklan, mengirim email promosi, atau postingan di media sosial, audiens diarahkan ke alamat landingpage Anda.

Lalu, adakah perbedaan landingpage dengan homepage? Bukankah sama-sama website? Nah, keduanya adalah dua hal yang berbeda. Homepage adalah penampakan depan website Anda, halaman pertama yang dilihat pengunjung setelah mereka mengetikkan alamat situs Anda. Sementara landingpage adalah salah satu halaman di dalam website Anda yang dituju pengunjung dari pihak ketiga.

Misalnya iklan, email marketing, dll. Jika di dalam homepage, pengunjung bisa bebas mengeksplorasi semua produk yang Anda punya, maka pada landingpage mereka akan fokus pada satu produk saja.

Keunggulan Membuat Landingpage

Dalam bisnis online, memiliki landingpage tentu memberikan keuntungan tersendiri. Dimana konsumen akan lebih terfokus pada produk yang Anda jual, sehingga omset dan laba juga akan naik. Lebih jauh, berikut adalah tiga keunggulan membuat landingpage.

  • Hanya Fokus Satu Topik

Saat calon konsumen tiba di landingpage Anda, dia akan fokus pada produk yang Anda jual di landingpage tersebut. Misalnya saya membuat landingpage bisnis berkaitan dengan probiotik ikan gurame, isinya mengenai penggunaan suplemen ikan untuk menarget para pelaku agribisnis dan Analisa usaha budidaya ikan gurame.

  •  Efektif Untuk Promosi Bisnis

Di landingpage, tidak terdapat banyak link, biasanya hanya berisi info produk, lalu arahan untuk membeli, sign up, atau berlangganan newsletter. Hal ini juga akan membuat promosi bisnis menjadi lebih efektif. Di laman ini Anda bisa lebih luas mempromosikan produk Anda, dan konsumen lebih concern, tanpa teralihkan untuk mengeklik tombol informasi produk lainnya.

  • Mendatangkan Traffic Referral

Landingpage bisnis menjadi salah satu funnel atau tempat berkumpulnya yang menerima trafik dari beberapa saluran marketing. Bisa dari iklan, ads referral, dan email marketing.

Cara Membuat Landingpage Dengan WordPress

Anda mungkin hanya memiliki satu homepage, tapi Anda bisa memiliki beberapa landingpage yang digunakan untuk tujuan berbeda-beda. Di WordPress, Anda juga bisa membuat landingpage dengan mudah. WordPress memungkinkan Anda membuat dan mengedit tata letak website tanpa coding, melainkan dengan menggunakan plugin.

Anda tinggal melakukan kostumisasi dengan menarik elemen tertentu pada posisi yang Anda inginkan. Berikut tiga plugin di WordPress yang dapat membantu Anda membuat landingpage bisnis dengan mudah.

  1. Dengan Plugin Elementor
    Elementor merupakan plugin landingpage yang paling mudah dan ramah SEO. Gratis pula. Walau jika Anda membutuhkan banyak elemen untuk landingpage Anda, versi berbayar Elementor juga ada.

  2. Dengan Plugin Page Builder
    Sekarang saatnya membuat landingpage. Ada dua pilihan, Total Theme atau Visual Composer. Dengan Visual Composer Anda bisa memilih menggunakan back end editor atau live fronted editor. Total Theme lebih dianjurkan karena Anda akan mudah melihat tiap elemen yang Anda buat. Tapi jangan lupa untuk selalu mengupdate atau menerbitkan halaman setiap kali Anda selesai mengedit.

  3. Dengan Beaver Builder
    Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengaktivasi plugin Beaver Builder.

    Klik menu Pages lalu Add New untuk membuat landingpage Anda. Ada banyak tema template page builder atau full width yang bisa Anda pilih. Anda bisa klik page template full width atau builder kosong yang ada di kolom menu sebelah kanan.

    Sekarang saatnya mengedit. Anda bisa menentukan, menambah atau mengurangi kolom dengan mengklik tombol Add untuk menambah satu atau beberapa kolom sekaligus.

Membuat landingpage sendiri ternyata mudah dan gampang, bukan? Dengan begitu Anda bisa lebih fokus dalam mempromosikan produk Anda, lebih spesifik dalam melakukan penawaran, dan tentu saja lebih banyak prospek.

Akhirnya, tentu saja, berbisnis online pun jadi semakin mudah. Semogat bahasan pada artikel ini bermanfaat, ya. Selamat mencoba.

Contributed by Lina