Search engine adalah

Search engine disebut juga mesin pencari adalah sebuah aplikasi program komputer yang dirancang khusus untuk membantu menemukan rekam data tertentu sesuai dengan kata kunci pencarian. Struktur umum dalam suatu search engine adalah seperti berikut. Terdapat text area tempat memasukan kata kunci tertentu dan tombol untuk melakukan pencarian data.

Berbicara di dunia internet yang begitu luas, coba bayangkan jika tidak ada mesin pencari sebagai media penghubung antara pencari informasi dengan database yang besar dan tersebar. Ini tentu memerlukan waktu yang lama hanya untuk menemukan sebuah arsip. Karena pada prinsipnya mesin pencari bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam menemukan data, file, dokumen, arsip yang besar dan tersebar. Cukup dengan memasukan kata kunci yang dicari, dalam hitungan detik hasil pencarian pun muncul. Beberapa search engine yang dikenal masyarakat dalam membantu pencarian di internet, diantaranya : Google, Yahoo search, Bing, Alexa, Ask, Altavista, Aol, Alltheweb, Msn dan Yandex.

Bagaimana search engine bekerja?

Alasan mengapa setiap konten yang kita publish online, terutama website wajib menyertakan tag dan kata kunci tertentu sebagai identitas. Identitas inilah yang akan dibaca, direkam, dianalisa oleh sebuah search engine untuk ditampilkan pada hasil pencarian. Dalam mengekseskusi perintah, search engine menerapkan metode pencarian yang dikenal dengan algoritma pencari. Algoritma ini selalu menerapkan kecepatan dan ketepatan dalam indexing. Indexing adalah proses pelabelan/ mengatur rekam data dengan memilah kemudian mengelompokan data agar nanti mudah ditemukan.

Itu kenapa sebuah website baru harus melewati tahap indexing sebagai proses berkenalan dengan mesin pencari. Tolak ukur suatu search engine dikatakan memiliki kinerja bagus ialah dari kemampuan menampilkan data yang sesuai kata kunci pencarian dengan waktu yang sesingkat singkatnya.

Secara singkat dijelaskan adapun komponen dari search engine, diantaranya ;

Interface

Mesin pencari harus memiliki interface. Interface merupakan design tampilan muka sebuah mesin pencari. Dalam umumnya terdiri dari text field dan sebuah tombol pencari. Design interface sebuah enggine pencari sangat sederhana. Interface inilah jembatan yang mempertemukan pencari data dengan database yang tersebar di internet. 

Query Engine

Dalam search engine dikenal juga query, yaitu cara mesin pencari dalam mengekspresikan sesuatu. Hasil pengekspesian inilah yang nantinya akan muncul pada halaman hasil pencarian. Sebagai contoh anda ingin menemukan perusahaan pembuat website berkualitas dengan harga murah di Bali. Maka anda dapat menggunakan query berikut ; “jasa”, “website”,”berkualitas”,”murah”,”Bali”. Dengan query yang tepat hasil pencarian pun lebih baik. Sedangkan query engine adalah program penerjemah keinginan user  ke dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh komputer.

Database

Database adalah rekam data berupa daftar arsip, file dan dokumen yang telah tersimpan pada jaringan global. Semakin meluas dan bertambahnya rekam data di internet, maka databae yang disimpam semakin besar pula.

Spider

Dari arti kata spider berarti laba-laba, laba laba merayap dan membangun jaring jaring. ini tidak jauh berbeda dengan makna spider dalam search engine yang secara bekala dan berkelanjutan melakukan pendataan terhadap situs situs baik yang baru ataupun lama. Dalam setiap situs yang didata akan diambil url, kata kunci, judul maupun deskripsinya untuk direkam.

Indexer

Analogi seperti pada sebuah kamus. Kamus selalu menyertakan label index dalam bentuk alfabet untuk memudahkan dalam menemukan kata yang dicari. Search engine pun memiliki indexer untuk mempercepat proses pencarian. Program indexer pada mesin pencari dibuat dengan algoritma bahasa pemrograman yang dipadukan dengan logika dalam menemukan data terbaik.

Demikianlah penjelasan apa itu search engine, bagaimana cara kerjanya serta komponen apa saja yang ada dalam membangun suatu sistem mesin pencari. Jika tertarik dengan materi materi SEO dari kami anda bisa temukan disini

 

Semoga ilmunya bermanfaat

Salam rongrangreng!