SEO Google-mempercepat index Google

SEO Google-mempercepat index Google

Seo Google sebagai salah satu strategi dalam mempercepat index sebuah website di mesin pencari Google. Kita ketahui mesin pencari tidak hanya Google, ada Bing, yahoo search, Ask, Aol, Altavista dan sebaginya. Namun pada prinsipnya algoritma dan metode pencarian pada mesin pencari mirip. Mesin pencari selalu berusaha menampilkan hasil pencarian yang terbaik dengan relevansi tinggi sesuai kata kunci yang dicari pengunjung. Mengingat Google adalah mesin pencari populer dan banyak digunakan masyarakat, maka dari itu kita akan bahas tentang SEO Google.

Sebelum melangkah bagaimana tips mempercepat indexing Google pada sebuah website, baiknya anda baca kembali apa itu SEO? Saat ini SEO begitu populer dan penting untuk diterapkan pada sebuah website. Banyak orang sudah menerapkan strategi SEO namun merasa kecewa karena mendapati hasil yang tidak memuaskan. Mengantisipasi hal itu anda harus paham, apakah teknik SEO yang anda lakukan sudah benar? 

Bagaimana teknik SEO yang benar?

Kembali ke SEO Google untuk mempercepat indexing. Anda harus tahu bahwa Google memiliki tool bernama webmastertool untuk membantu kontrol dan proses indexing. Jika anda belum terdaftar, silahkan mendaftar ke google webmastertool dahulu. Jika anda sudah memiliki akun webmastertool, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan SEO OnPage. Bagaimana langkah optimasi SEO Onpage bisa anda temukan disini.

Bila semua prosedur SEO Onpage sudah anda patuhi. Langkah selanjutnya ialah melakukan konfigurasi pada akun webmastertool Google.

1. Memasang dan memanggil sitemap

Apa itu sitemap? Dan mengapa sitemap menjadi penting dalam mempercepat indexing pada SEO Google? Penting, karena sitemap menyimpan daftar link/url  pada sebuah website. Untuk memudahkan perayapan alangkah baiknya sebuah website baru dipasangkan sitemap. Dengan begini mesin pencari dapat mendeteksi dan merekan database sebuah website baru.

Sitemap bisa dibuat online melalui sitemap generator. Download file .xml hasil generate kemudian upload ke server host website anda. Selanjutnya anda masuk ke akun webmastertool kemudian klik crawl >> sitemap. Lakukan pemanggilan sitemap. Usahakan meletakan file sitemap pada root, hingga saat pemanggilan anda bisa lakukan hanya dengan mengetikan /sitemap.xml

Bagi pengguna blogspot.com, sitemap dalam format .xml sudah disediakan jadi anda tinggal memanggilnya. Namun bagi pengguna custom domain name/ TLD (top level domain) fitur sitemap.xml tidak ada, sebagai gantinya gunakan feed atau RSS Feed yang sudah disediakan. Misalkan sebuah blog dengan postingan kurang dari 500 namun jumlahnya sudah ratusan, bisa menggunakan kode RSS ini atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

2. SEO Google Fetch as Google

Masih pada menu crawl, klik link fetch as Google. Pada bagian ini bertujuan untuk mengirimkan setiap link/ url yang ada pada website untuk dikenali oleh google. Silahkan masukan url website satu persatu. Kirimkan ke semua index agar proses perayapan pada situs anda lebih cepat.

3. Setting Robot.txt

Robot.txt adalah sebuah file berbentuk .txt yang disimpan oleh sebuah website berfungsi untuk menginstruksikan bot search engine tentang bagaimana berinteraksi dengan website. Robot.txt mampu memberi kontrol pada directory mana saja yang boleh diindex mesin pencari. Jika anda tidak memiliki pengetahuan banyak tentang robot.txt, maka biarkan berjalan secara default. Atau bisa googling bagaimana setting robot.txt

Semua langkah diatas sudah anda jalankan, maka tunggu dalam 1x 24 jam untuk memastikan hasilnya. Untuk mengecek keberhasilan indexing anda bisa test menggunakan browser. Ketikan pada url address “site:www.namadomain.com”. Jika hasil pencarian muncul itu tanda website anda sudah diindex Google.

Demikian pemaparan singkat tentang SEO Google yang dapat anda terapkan untuk mempercepat proses indexing website baru. Sebuah website untuk mampu bersaing di Google tidak hanya sebatas indexing, namun juga harus dioptimasi lagi dengan teknik SEO Google lainnya untuk bisa mencapai halaman 1 pencarian Google.

Kembali kami ingatkan, kunci sebuah website untuk mampu bertahan dan bersaing ialah pada penyediaan konten yang memadai dan relevan. Dengan begini aliran pengunjung akan datang ke website anda dengan sendirinya. Temukan cara menulis artikel SEO friendly berkualitas disini.

 

Semangat berlatih SEO

Salam rongrangreng!

Leave a Reply