Strategi konten marketing bisnis untuk memenangkan pasar

Strategi konten marketing bisnis untuk memenangkan pasar

Mengapa penting menerapkan strategi konten marketing?

Strategi konten marketing adalah metode pemasaran era digital yang diterapkan dalam menjalankan bisnis dunia global. Strategi konten marketing adalaha satu dari kegiatan internet marketing yang menjadikan konten sebagai pusat powernya. Kontent dibuat, dikreasikan sehingga memiliki value tinggi untuk menarik konsumen untuk melihat, mempelajari kemudian bertransaksi. Strategi konten marketing adalah metode ampuh masa kini untuk bisa memenangkan pasar. 

Gaya pemasaran konvensional semakin hari semakin bergeser ke arah pemasaran digital. Pemasaran digital menjadikan media online sebagai wadah promosi. Media online baik itu website, sosial media, blog, web blog dan sebagainya. Teknik hard selling yang hanya berfokus pada menjual dan menjual sudah tidak cukup mampu melumpuhkan hati para calon pembeli. customer semakin hari semakin selektif dan jeli sebelum memutuskan membeli. Menerapkan strategi konten marketing mampu menghantarkan bisnis anda pada pencapaian pasar yang lebih baik.

Seberapa efektif strategi konten marketing dalam memajukan bisnis?

Seorang konsumen sebelum memutuskan untuk membeli, tentu mencari informasi yang lengkap dan jelas terkait produk/jasa yang ditawarkan. Disinilah peranan teknik konten marketing untuk menyediakan informasi pendukung untuk barang/jasa yang dipasarkan. Teknik memasarkan dengan konten menjadi alternatif solusi untuk menghindari hard selling yang terkesan memaksa dan kaku.

Efektif tidaknya metode ini dalam bisnis anda tergantung dari seberapa menarik penawaran dan konten yang anda buat. Konten yang dibuat dipadukan dengan kreatifitas tentu memiliki value yang lebih tinggi. Konten bisa dipadukan dengan tulisan gambar dan video. Di Indonesia, banyak pebisnis menjadikan figur artis dalam karya konten marketingnya. Pernah saya menonton di Medsos Ivan Gunawan pada sebuah video memaparkan sebuah produk perawatan kulit. lewat video singkat itu konsumen melihat fakta dari penuturan seseorang yang telah memakai dan merasakan manfaatnya. Apalagi yang menyampaikan seorang artis. Ada yang berpikiran artis aja pakai, beli juga ah, siapa tahu ketularan jadi artis, afirmasi yang luar biasa 😀

Jika bisnis anda masih kecil belum bisa membayar seorang artis untuk membantu dalam penggarapan konten marketing, anda bisa lirik teman anda di media sosial yang aktif dan memiliki banyak followers. Atau seorang yang memiliki pengalaman mengunakan suatu produk/jasa. Mereka bisa anda minta membuat testimony untuk mendukung konten marketing anda. Strategi konten marketing adalah metode pemasaran dengan menyajikan informasi, data, fakta dan deskripsi masuk akal untuk konsumen. sehingga konsumen tergugah untuk mempelajari dan melakukan pembelian.

Hal yang berkaitan dengan strategi konten marketing

Dalam strategi konten marketing pada dasarnya terdapat dua kegiatan utama yaitu bagaimana membuat konten dan bagaimana mendistribusikan konten. Dalam membuat sebuah konten yang menjual anda bisa terapkan dengan metode copywriting untuk meraih profit puluhan juta dari kata kata menjual. Kesuksesan sebuah kegiatan pemasaran tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk/brand/jasa, namun juga dipengaruhi oleh kata-kata yang digunakan saat memasarkan. pergunakanlah kata-kata yang baik untuk meluluhkan hari konsumen. 

Adapun beberapa tahapan dalam membuat sebuah konten, mulai dari latar belakang, perumusan tujuan, pemaparan masalah sampai pada solusi dan kesimpulan. Dalam menulis sebuah konten yang baik anda bisa temukan disini bagaimana membuat konten website yang tinggi pengunjung.

Hal berikutnya terkait distribusi konten, maka anda harus melakukan digital marketing. Digital marketing sebagai metode promosi untuk tingkatkan profit

Bagaimana sudah tahu kan?! belajar strategi konten marketing itu menyenangkan karena anda bisa berlatih kepekaan dan ketajaman analisa. Teruslah berupaya mengingkatkan konten anda dalam melakukan promosi. Jika media online anda mampu menyajikan konten yang baik secara tidak langsung pengunjung yang akan mencari anda. Konten yang baik sebagai salah satu unsur pembangun kredibilitas dan reputasi usaha online anda.

 

Salam rongrangreng!