Strategi marketing online

Strategi marketing online

Strategi marketing online : Seorang pelaku bisnis wajib memanfaatkan keberadaan teknologi internet dalam mengembangkan usaha, terutama dalam hal pemasaran. Pemasaran gaya konvensional mulai dipadukan dengan inovasi marketing online memanfaatkan berbagai media media online. Facebook, twitter, instagram, path dan sebagainya dapat diandalkan sebagai media promosi online anda di dunia maya.

Strategi marketing online memang membantu dan lebih efektif. Dengan media online kita akan memiliki media pemasaran yang buka selama 24 jam, yang dapat diakses siapa saja, darimana saja selama tersambung internet. Marketing online dijalankan bukan tanpa strategi. Dengan melakukan optimasi yang tepat ditambah dengan penerapan strategi marketing online niscaya usaha anda akan lebih dikenal dan mampu bersaing di dunia global.

Berikut strategi marketing online yang dapat anda pergunakan sebagai senjata menerobos pasar online. Dengan acuan ini semoga usaha anda semakin dikenal luas, semakin banyak network yang berujung pada meningkatnya profit. Berikut strateginya

  • Strategi Marketing Online dengan Website atau Blog

Memilih media online dalam kegiatan pemasaran bisa dengan website ataupun blog. Baik website ataupun blog harus mampu menampilkan informasi yang lengkap dan akurat. Citra perusahaan bisa dilihat dari profesional tidaknya website atau blog yang dimiliki. Informasi yang lengkap dengan navigasi yang jelas mampu sebagai daya dorong pengunjung untuk bertransaksi. Web profile suatu usaha baik jual beli maupun layanan jasa usahakan menggunakan nama domain yang TLD (top level domain). Memanfaatkan domain gratisan seperti yang disediakan platform wordpress.com atau blogspot.com boleh boleh saja. Hanya kadang pengunjung kurang percaya dengan keabsahan suatu perusahaan yang menggunakan layanan gratisan.

  • Wajib melakukan optimasi website

Tidak sedikit pemilik website lupa jika website perlu di optimasi. Pengguna internet terbiasa menggunakan tool mesin pencari seperti google.com, bing, yahoo search, dan sebagainya. Untuk bisa ditampilkan dalam suatu hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu, website harus terdaftar dan dikenali oleh mesin pencari. Jika website anda belum diindex atau dikenali, maka kecil kemungkinan website anda akan ditemukan oleh pengunjung saat melakukan pencarian. Inilah mengapa kita perlu SEO strategi untuk website.

  • Media sosial memiliki peran yang penting

Pengguna internet rata rata memiliki akun media sosial. Pengguna media sosial yang mencapai jutaan jiwa itu bisa manjadi pasar potensial untuk anda pelaku marketing online. Baca juga bagaimana Kekuatan Marketing di Media Sosial membantu anda dalam mencapai goal profit yang diharapkan. 

  • E mail marketing

Selain website dan media sosial, anda dapat juga mencoba strategi dengan email marketing. Anda bisa mengirimkan email ke daftar alamat email yang telah anda punya. Untuk mendapatkan list alamat email anda bisa lakukan dengan menambahkan fitur subscription pada website, sehingga orang orang yang datang dan berlangganan adalah benar benar orang yang membutuhkan informasi anda. Inilah pemasaran efektif. Untuk mendapatkan daftar alamat email anda juga bisa kumpulkan dari majalah, tabloid atau koran koran yang memiliki relevansi dengan penawaran anda.

  • Beriklan gratis

Banyak layanan beriklan gratis yang bisa anda manfaatkan untuk media promosi. Semakin gencar anda melakukan pemasaran dengan memasang iklan semakin cepat juga usaha anda dikenali di dunia maya. Dalam beriklan terapkan teknik Copywriting meraih profit puluhan juta dari kata kata menjual

  • Manfaatkan forum dan komunitas yang relevan

Anda tahu forum bukan?! Forum merupakan media interaksi untuk berdiskusi. Di dalam forum kita bisa membangun relasi sambil promosi. Anda bisa manfaatkan momen diskusi dengan membagi informasi link atau url website anda. Namun perhatikan juga karena tidak semua forum mengijinkan untuk memasang link. Pastikan topik yang dibahas relevan atau memiliki keterkaitan dengan usaha yang anda tawarkan. Selain di forum teman teman bisa juga targetkan komunitas.

Sebagai contoh jika anda menawarkan kamera, target anda tentu komunitas yang berkaitan dengan kamera seperti kelompok fotographer. Saat informasi yang anda sampaikan pas, pas pada tempat dan waktunya, anda tinggal menunggu hasilnya.

Itulah beberapa strategi marketing online yang dapat anda terapkan. Miliki keyakinan penuh atas usaha yang anda lakukan di hari ini. Tuhan pasti membayar setiap usaha dan kerja keras kita asal dilakukan dengan tulus, penuh syukur dan pantang menyerah

 

Salam rongrangreng

Leave a Reply